Home / Pariwara / Pemerintahan

Rabu, 9 Maret 2022 - 17:59 WIB

Pemkab Pamekasan Kembali Siapkan Beasiswa Kedokteran di Unair

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dua dari kiri, menyampaikan sosialisasi beasiswa kedokteran dari Pemkab Pamekasan

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dua dari kiri, menyampaikan sosialisasi beasiswa kedokteran dari Pemkab Pamekasan

PENAWARTA.COM – Pamekasan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, tahun 2022 kembali memberikan beasiswa kepada para pelajar untuk bisa mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Demikian disampaikan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat sosialisasi tentang beasiswa kedokteran hasil kerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu (09/03/22) melalui via zoom meeting di Paringgitan Dalam Mandhapa Agung Ronggo Sukowati.

Sosialisasi itu diikuti oleh siswa dan lembaga pendidikan tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan SMK sederajat.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan langsung sosialisasi tersebut kepada para siswa, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Akhmad Zaini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Pamekasan, Slamet Gustiantoko, dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Abrori.

Turut hadir Kepala Bagian Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Taufikurrahman, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Syahrul Munir, Asisten, Nurul Widiastuti, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, Mawardi, dan bidang kemahasiswaan Unair Surabaya.

“Kita memberikan beasiswa kepada anak-anak kita agar bisa mengenyam pendidikan di fakultas kedokteran Unair. Kenapa di kedokteran? Karena kita ingin menyelaraskan dengan RPJMD kita tentang prioritas pendidikan dan kesehatan,” tutur Bupati Baddrut

BACA JUGA:   Wow, Demi Sejahterakan GTT dan Penjaga Sekolah, Pemkab Pamekasan Siapkan 62 M

Menurut mas Tamam sapaan akrab bupati, pihaknya akan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di masa yang akan datang seiring banyaknya kebutuhan dokter di rumah sakit.

Program beasiswa Pemkab Pamekasan ini untuk menfasilitasi pelajar berprestasi, namun tidak mampu untuk bisa melanjutkan pendidikannya di fakultas kedokteran.

Mas Tamam mengungkap, Pemkab Pamekasan telah bekerja sama dengan Unair Surabaya agar anak tidak mampu dapat melanjutkan pendidikan kedokteran di perguruan tinggi ternama di Indonesia tersebut. Bahkan, pada tahun 2021 Pemkab Pamekasan telah membiayai lima anak tidak mampu kuliah kedokteran di kampus itu.

“Fasilitasi dan beasiswa ini harapan saya seluruh anak-anak kita di MA, SMA atau yang sederajat yang ingin jadi dokter bisa ikut seleksi semua biar kompetisinya semakin ketat,” tambah dia.

Bupati menegaskan, ketentuan lulus dalam beasiswa itu sesuai dengan standart Unair Surabaya, bukan Pemkab Pamekasan. Artinya, tidak akan ada kongkalikong antara pemkab dengan penerima beasiswa.

BACA JUGA:   Entrepreneurs Embrace In-House Fitness

“Pemkab hanya menyediakan anggaran bagi yang lulus, mulai SPP sampai living cost-nya. Sosialisasi ini penting agar semuanya tahu, kapan pendaftarannya, dan hal teknik lainnya,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Akhmad Zaini menuturkan, beasiswa kedokteran tahun ini hanya menganggarkan untuk 4 orang. Tahun 2021 terdapat 10 jatah untuk beasiswa kedokteran, namun hanya 4 orang saja yang lulus dan telah dibiayai oleh pemerintah daerah.

“Pada tahun lalu, ada empat orang penerima beasiswa dari total 10 kuota yang disiapkan pemerintah daerah. Tahun ini kami juga menyediakan anggaran untuk empat orang,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Akhmad Zaini.

Beasiswa tersebut merupakan satu dari lima program prioritas Bupati Pamekasan, Badrut Tamam khususnya di sektor pendidikan yang sudah berlangsung sejak 2020 lalu. Empat program prioritas lainnya meliputi bidang ekonomi, infrastruktur, kesehatan dan reformasi birokrasi. (PW03/ADV)

Share :

Baca Juga

Pariwara

Bupati Pamekasan Tinjau Hasil Perbaikan Jalan 11 Km, Perlancar Akses Perekonomian Masyarakat

Finansial

Pemkab Pamekasan Bangun Jembatan Gantung Jambringin, Bupati Harap Permudah Akses dan Pertumbuhan Ekonomi

Pemerintahan

SilverSneakers Fitness Program Improves Older Adult’s Physical and Mental Health

Pemerintahan

How to Give Your 2016 Resolutions Staying Power

Pemerintahan

New Research Shows Big Opportunities for Small Businesses

Pemerintahan

Sambangi Satpol PP, Bupati Baddrut Ingatkan ASN Mengabdi & Bertanggungjawab

Pariwara

Bupati Peduli, Ribuan Guru Honda Pamekasan dapat Tambahan Honor Per Bulan

Finansial

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?