Home / Pariwara

Selasa, 24 Mei 2022 - 23:37 WIB

Desa Wisata Pamekasan Masuk Jaringan Nasional

Menparekraf RI, Sandi Salahuddin Uno saat menghadiri PFW di Pendopo Ronggo Sukowati

Menparekraf RI, Sandi Salahuddin Uno saat menghadiri PFW di Pendopo Ronggo Sukowati

PAMEKASAN, PENAWARTA.COM – Program desa tematik yang digaungkan Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam akhirnya berbuah hasil dan diakui pemerintah pusat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Shalahuddin Uno menyampaikan, sejumlah desa wisata di Kabupaten Pamekasan telah masuk dalam jaringan desa wisata nasional setelah berhasil mengembangkan potensi desanya.

“Kita juga akan kembangkan desa wisata, tahun ini ada beberapa desa wisata masuk juga dari Pamekasan ke jaringan desa wisata,” ujar Sandiaga Uno saat kunjungan ke Pamekasan dalam acara Workshop Kata Kreatif, Selasa (24/5/2024).

Dia berharap desa wisata di Pamekasan bisa mengembangkan potensi daerahnya agar mampu bersaing dengan desa wisata lain di seluruh Indonesia. Selain itu, desa wisata dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19 melanda Indonesia.

BACA JUGA:   Terobosan Baru, Bupati Pamekasan Kontrak Kinerja dengan Pimpinan OPD

“Kita berharap tahun depan bisa menembus 50 besar desa wisata Indonesia,” harap dia.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam sedari awal mendorong pemerintah desa untuk menggali potensi desanya dengan strategi desa tematik. Program tersebut diharapkan setiap desa memiliki tema tertentu sesuai potensinya masing-masing yang muaranya untuk pertumbuhan ekonomi di tingkat desa.

Sejauh ini, telah banyak desa di Pamekasan yang mendeklarasikan diri sebagai desa wisata, desa UMKM, dan beberapa tema desa lain sesuai potensi daerahnya dengan pengelolaan yang lebih serius.

BACA JUGA:   Pemkab Pamekasan Raih WTP 8 Kali Berturut-Turut

Selain itu, Bupati Pamekasan juga mendorong pertumbuhan ekonomi melalui program wirausaha baru (WUB) dengan target 10 ribu pengusaha baru. Melalui program ini, pemerintah kabupaten memberikan pelatihan gratis, bantuan alat produksi gratis, bantuan modal dengan bunga nol persen, hingga fasilitasi pemasarannya, baik online maupun offline.

“Kita akan bekerja luar biasa agar ekonomi kreatif bangkit demi kesejahteraan masyarakat dari bawah,” tutup bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut.

Share :

Baca Juga

Pariwara

Bupati bersama Forkopimda Pamekasan Resmikan Gedung Sentra Batik Klampar

Pariwara

Bupati Peduli, Ribuan Guru Honda Pamekasan dapat Tambahan Honor Per Bulan

Pariwara

Bupati Pamekasan Gencar Promosikan Potensi Lokal

Pariwara

Bupati Pamekasan Fasilitasi Pesantren untuk Lahirkan Entreprenuer

Pariwara

Wow, Demi Sejahterakan GTT dan Penjaga Sekolah, Pemkab Pamekasan Siapkan 62 M

Pariwara

Bupati Pamekasan Raih Penghargaan dari Kemenag RI

Pariwara

Bupati Pamekasan Harapkan Pilkades Berjalan Aman dan Damai

Pariwara

DPRD Pamekasan Apresiasi MTQ XXX, Ajang Tingkatkan Spirit Qurani