Memetik Nilai Lebih TNI Manunggal Membangun Desa di desa Rekkerrek Pamekasan

oleh

PENAWARTA.COM – Tidak diragukan lagi bahwasannya dengan adanya program TMMD sangatlah bermanfaat bagi masyarakat khususnya daerah terpencil.
Kamis (26/03/2020).

Program TMMD dulu di sebut ABRI Masuk Desa (AMD) yang sudah dimulai sejak tahun 1978, merupakan program andalan ABRI dan sampai sekarangpun masih terus berlanjut. Secara fisik prioritas proyek yang dikerjakan adalah peningkatan sarana dan prasarana yang betul-betul menyentuh langsung terhadap kepentingan dan perbaikan kehidupan masyarakat guna meningkatkan roda perekonomian di pedesaan.

“Sangatlah subyektif sekali program yang dirancang oleh TNI dan dinilai oleh TNI sendiri. Penilaian itu akan obyektif jikalau datangnya dari kalangan masyarakat. Mari kita tengok sekilas hasil program TMMD tahun ini.” kata Dan SSK.

Yusuf 60 tahun, warga dusun Rek kerrek Laok II, Desa Rek kerrek, Palengaan – Pamekasan ini tidak menyangka kalau dirinya menjadi salah satu dari warga yang menerima bantuan pembangunan rumah dalam program TNI Manunggal Membangun Desa ke – 107 Kodim 0826/Pamekasan, Lelaki yang tinggal bersama istrinya ini merasa senang dan terharu karena akhirnya dapat mewujudkan cita-citanya untuk memiliki rumah berdinding tembok.

“Rasanya saya senang sekali saat ini karena selama ini saya hanya tinggal di rumah gedhek dan berkat adanya program TMMD sekarang saya bisa tinggal di rumah bertembok,” ujar Yusuf sambil mengelus dadanya dengan mata berkaca-kaca.

Kepala Desa Rek kerrek bapak Fadil menuturkan, realisasi program fisik dan non fisik TMMD sangat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga. Khususnya program pembangunan embung dan pengeboran titik air, menurutnya telah berdampak pada meningkatnya hasil pertanian.

Sudahlah cukup dari kedua contoh ini  memberikan gambaran kepada kita bahwa program TMMD memiliki kesan yang positif di kalangan masyarakat khususnya di pedesaan, bahkan ungkapan terima kasih dan permintaan dari masyarakat agar wilayahnya dijadikan sasaran proyek TMMD terus mengalir setiap waktu. (PW3/TMMD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *