Pamekasan Alokasikan Rp35,6 Miliar untuk Mobil Sehat Desa

oleh -

PENAWARTA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur mengalokasikan anggaran sebesar Rp35,6 miliar untuk pembelian mobil desa pada APBD 2019 ini.

“Masing-masing desa dianggarkan sebesar Rp200 juta dan mobil ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khusus di bidang kesehatan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pamekasan Totok Hartono kepada media di Pamekasan, Kamis (31/10/2019).

Mobil desa ini, sambung Totok akan menjadi mobil operasional di 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

“Pembelian mobil desa ini juga dimaksudkan untuk mendukung layanan ‘call care exelent’ bidang kesehatan yang telah dicanangkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam,” katanya, menjelaskan.

Totok lebih lanjut menjelaskan, salah satu program perioritas Bupati Pamekasan Baddrut Tamam adalah menyediakan mobil sehat untuk mempermudah dan membantu masyarakat yang sakit.

“Jadi, dengan adanya mobil sehat tersebut, masyarakat mudah membawa kerabatnya ke rumah sakit. Jika ada warga sakit, maka nanti menghubungi nomor telepon yang telah disediakan dan akan dijemput oleh mobil sehat yang ada di desa tersebut,” kata Totok.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, bantuan mobil sehat ke masing-masing desa itu nantinya berupa uang, sehingga aparat desa bebas membeli mobil sesuai keinginan dengan catatan sesuai dengan plafon anggaran yang telah ditetapkan.

“Jadi, pemkab tidak menyerahkan mobil ke desa, tapi uang. Desa bebas memilih jenis mobil. Tapi mobil itu harus sesuai dengan peruntukannya, yakni untuk layanan kesehatan masyarakat,” katanya, menjelaskan.

Melalui program ini, Totok yakin, maka pelayanan kesehatan di masing-masing desa akan lebih baik, dan masyarakat tidak perlu khawatir kesulitan transportasi apabila ada keluarga atau kerabatnya yang sakit. (PENAWARTA.COM)