PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Satgas TMMD ke-103 Kodim 0826/Pamekasan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan memberikan penyuluhan materi cara membuat pupuk organik kepada para kelompok tani di Desa Pasanggar.
Kegiatan itu dilaksanakan di Posko TMMD Balai Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Rabu (24/10/2018).
Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan melalui Ridwam dan ibu Yuli memaparkan bahwa bahan – bahan dalam membuat pupuk bokashi (pupuk organik) sangat mudah sekali. Diantaranya terdiri dari pupuk kandang, EM4 (bakteri pengurai), gula atau tetes tebu, Arang sekam, sekatan padi dan air.
“Setelah bahan sudah lengkap langkah selanjutnya yaitu sehari sebelum dibuat, EM4 sudah dicampur dengan air dan tetesan gula di dalam Bolt tanpa terpapar sinar matahari dan dilanjutkan dengan kotoran sapi dan arang sekam dicampur jadi satu diaduk rata, pupuk siap digunakan,” kata Ridwan.
Para Kapoktan desa Pasanggar terlihat antusias saat mengikuti penyuluhan di Posko TMMD dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri.
Abdus Somad selaku Kapoktan Tani Mulia dusun Bunangka mengucapkan berterima kasih atas bantuan dan dukungannya terhadap kemajuan pertanian di wilayahnya.
Kami ucapkan terima kasih atas fasilitas yang diberikan oleh TMMD ke-103 kepada kami dalam memajukan pertanian di desa Pasanggar,” tandasnya. (PENAWARTA-03)

Poktan Antusias Ikuti Penyuluhan Pertanian di TMMD Pasanggar
Ditag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *