PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, TMMD ke 103 Kodim 0826/Pamekasan di Desa Pasanggar diharapkan ikut mendukung program mitigasi bencana alam dan mengedukasi kesiapsiagaan dini warga setempat. Sebab, pendidikan tanggap bencana warganya di wilayah rawan bencana alam dinilai masih kurang.

“Di Pasanggar dan sebagian wilayah tidak rata. Daerahnya berbukit-bukit. Dengan melihat bencana alam di wilayah tetangga, tentu kami ingin warga mendapat pendidikan antisipasi bencana. TNI, Polri dan pemerintah daerah yang mendampingi TMMD, diharapkan bisa menyampaikan hal itu,” kata Danramil 0826/07 Pegantenan Kapten Cba Guntur selaku satgas TMMD Ke 103 di Posko Satgas lapangan Desa Pasanggar,  Jumat (19/10/18).

Kebutuhan pendidikan mitigasi bencana menjadi urgen menjelang musim penghujan. Kapten Cbh Guntur meminta pendidikan mitigasi bencana diselipkan di sela kegiatan non fisik TMMD ke 103.

Sementara itu mulai 15 Oktober-13 November, ratusan personel TNI, Polri dan masyarakat bergotong royong membangun fondasi jembatan dan cor Jembatan Dusun Taleber Laok Volume 3,5 M X 7 M. Sementara Bapak Abd. Hadi selaku kepala desa pasanggar mengatakan, akses memadai antar dusun memudahkan angkutan hasil panen, akses sosial-pendidikan dan jalur evakuasi korban bencana alam.

“TMMD di Pasanggar ikut mengurangi resiko bencana alam. Warganya jadi melek dan tanggap,” kata Bapak Abd. Hadi Kades Pasanggar.

Selain itu, Kapten Cba Guntur meyakini program teritorial bakti TNI ini efektif mengurangi angka kemiskinan, mendorong pemanfaatan lahan kritis, pemberdayaan perempuan dan kaum disabilitas serta meningkatkan peran pemerintah desa dalam melayani masyarakat.

Usai melihat lebih dekat lokasi TMMD sasaran infrastruktur jalan, rehab rumah tidak layak huni (RTLH). Selama 30 hari, penyelesaian sasaran fisik dibarengi non fisik seperti Sosialisasi Kartu KIS dari Kantor BPJS Kesehatan, Sosialisasi Hukum/ Narkoba dari Polres Pamekasan, Wasbang dan Bela Negara dari Kodim 0826, Ceramah Agama dari Kantor Kemennag Pamekasan. Teori Praktek Pertanian dari Dinas TPH dan Perkebunan, Sosialisasi Pertanahan dari Kantor BPN, Sosialisasi Keluarga Berencana dari Dinas PPPA dan KB, Sosialisasi Organisasi Desa dari Dinas PMD, Penyuluhan Keluarga Sakinah dari TP PKK Pamekasan, Pengobatan Gratis dari Dinas Kesehatan, Pemberian KTP dan Akte Kelahiran Dari Dinas Kependudukan dan Capil, Penyuluhan Pendidikan dari Kampus Unisma Pamekasan. (PENAWARTA-03).

TMMD di Pasanggar, Warga Diedukasi Mitigasi Bencana Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *