Babinsa Dempo Barat Ajak Warganya Mewaspadai Bahaya Kebakaran

by

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Babinsa Koramil 0826/13 Pasean Desa Dempo Barat Sertu Usto menghimbau masyarakat diminta agar mewaspadai bahaya kebakaran. Terutama di musim kemarau sekarang ini, agar tidak sembarangan membakar sampah. Pasalnya, kondisi kering ditambah angin kencang mengakibatkan api cepat menjalar.
Babinsa Dempo Barat Sertu Usto dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa bencana kebakaran terakhir ini akibat kelalaian membakar sampah. Beberapa hari yang lalu, sedikitnya ada kebakaran akibat membakar sampah sembarangan. Yakni satu rumah terbakar dan dua lahan kosong terbakar. Jadi kami imbau masyarakat agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan,” katanya, Minggu ( 16/09/18 )
Dikatakannya, hingga Awal September 2018 ini, sudah ada 58 kasus kebakaran. Penyebabnya karena korsleting arus pendek listrik, dan pembakaran sampah. Jadi kami imbau kepada warga untuk mengecek kembali saluran listriknya. Sebaiknya, saluran diganti menggunakan kabel sudah berlabel standar nasional Indonesia (SNI),” jelasnya.
Berdasarkan informasi dari BMKG Jatim, puncak musim kemarau terjadi pada tahun ini September dan Nopember. Makanya, harus diantisipasi karena rawan terjadinya kebakaran lantaran semua sampah, rumput maupun semak belukar dalam kondisi kering.
“Jadi ketika dibakar, api cepat menjalar. Ditambah angin kencang api bisa saja menjalar ke permukiman maupun kawasan pekarangan. Karena itu, sampah jangan dibakar, melainkan dikubur atau dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” sarannya.
Danramil 0826/13 Pasean Kapten Inf Ali Imron mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui Babinsa terkait pencegahan kebakaran dan penanganan kebakaran. “Kami juga aktif dan kontinyu melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran dan penanganan kebakaran,” tuturnya. (PENAWARTA-03)