Babinsa Jalmak Beri Wasbang Kepada Pelajar SMPN 8 Pamekasan

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Pembinaan Karakter merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan membentuk tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak, insan manusia sehingga menunjukkan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
Pembinaan karakter sangat penting bagi para siswa-siswi ataupun generasi muda sehingga dengan pembinaan karakter para siswa akan mempunyai sikap kepribadian dan mental yang baik.
Dalam upaya mewujudkan terbentuknya karakter bangsa sejak dini kepada para pelajar,
Babinsa Desa Jalmak Koramil 0826/01 Kota Serda Haniri Zaparoa, memberikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada siswa-siswi SMPN 8 Pamekasan.
Dalam kesempatan itu, Serda Haniri Zaparoa menyampaikan pemahaman kepada siswa – siswi tentang makna disiplin, tujuannya adalah untuk menggugah motivasi siswa dalam kegiatan belajar.
Disampaikan bahwa Disiplin memiliki makna rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercaya dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan kata lain disiplin yaitu patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian, karena disiplin merupakan sikap yang selalu yang harus dilakukan oleh murid terhadap tata tertib di lingkungan sekolah.
“Sebagai pelajar, Anda memiliki hak dan kewajiban atas apa yang terjadi disekolah. Kewajiban umumnya mengarah pada suatu keharusan. Kewajiban tersebut harus benar-benar dilakukan jika tidak dilakukan akan mendapat sanksi atau hukuman dari sekolah,” katanya.
Menurutnya, Suatu hal yang harus dilakukan yang hukumnya wajib disebut dengan kewajiban. Setiap siswa memiliki kewajiban untuk melaksanakan sesuatu disekolah.
“Kewajiban murid yang utama disekolah adalah belajar. Selain belajar masih banyak lagi tugas yang harus dilakukan oleh murid disekolah,” imbuh dia.
“Diantaranya kewajiban murid disekolah adalah Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah. Membantu kelancaran pelajaran dikelas. Ikut menjaga nama baik sekolah, guru maupun pelajar lainnya baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid. Ikut membantu agar tata tertib sekolah dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (PENAWARTA-03)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.