Babinsa Bangkes Beri Penyuluhan kesehatan kepada Ibu-ibu

by


PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Babinsa Desa Bangkes Pos Koramil 0826/12 Kadur Serda Mulja’i bersama Babinkamtibmas Bripka Andrie melaksanakan l) penyuluhan kesehatan yang diikuti oleh Ibu-ibu rumah tangga sebanyak 11 orang, bertempat di rumah Bapak Suhri Kepala Dusun Lekoh Timur Desa Bangkes Kecamatan Kadur. Rabu ( 29/08/18 )
Penyuluhan kesehatan itu diadakan oleh Ibu Ita sebagai bidan desa yang menjelaskan tentang cara mencuci tangan yang benar saat selesai melaksanakan aktivitas kesehariannya
Mencuci tangan sangat penting untuk menjaga kesehatan badan. Oleh karena itu, harus mengetahui tata cara cuci tangan dengan baik dan benar,” kata Ita
“Cucilah tangan setidaknya selama 10 sampai 20 detik, dengan mengikuti urutan mencuci tangan yang benar,” tuturnya
Tahapan mencuci tangan dimulai dengan membasuh tangan dengan air dan sabun. Kemudian meratakan busa sabun ke seluruh telapak tangan,” jelasnya
Selanjutnya gosok punggung tangan secara bergantian, kaitkan kedua tangan, jabarkan kedua tangan dan putar-putar kedua jempol secara bergantian.
“Putar-putar juga ujung jari secara bergantian dan bilas dengan air bersih yang mengalir. Kemudian keringkan tangan dengan menggunakan tissu atau kain bersih,” imbuhnya.
Sementara itu Serda Mulja’i mengatakan bahwa mencuci tangan itu dilakukan disaat sebelum dan sesudah makan, sesudah BAB (Buang Air Besar), sesudah BAK (Buang Air Kecil), dan setelah bersin atau batuk.
“Supaya kita terhindar dari penyakit-penyakit yang akan mengganggu kesehatan jasmani kita. Jika kita teratur mencuci tangan bisa terhindar dari penyakit,” kata Mulja’i. (PENAWARTA-03)