Sambut HUT RI ke-73, Mahasiswa IAIN Madura dan Kompak Gelar Lapak Baca

33377416b9f2bbc55595c0d83f7c3615

PENAWARTA.COM, PAMEKASAN- Banyak cara dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), salah satunya seperti yang dilakukan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN Madura posko 82 di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Minggu (12/8/2018).

Para mahasiswa yang sedang menjalani kuliah pengabdian ini merayakan HUT RI ke-73 dengan menggelar kegiatan yang bernuansa literasi. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Komunitas Pamekasan Membaca (Kompak) salah satu komunitas baca yang ada di kabupaten setempat

“Kegiatan ini sebenarnya merupakan rentetan kegiatan dalam rangka merayakan HUT RI ke-73, dimana kami memang berniat pada HUT RI ini tidak hanya sebatas ada perlombaan sebagaima yang biasa digelar di daerah-daerah lain,” kata Kordinator Desa (Kordes) KPM Posko 82 Desa Montok, Hasan Imroni.

Menurutnya, kegiatan tersebut sengaja digelar sebagai pembeda dari perayaan HUT RI yang biasa dilakukan masyarakat umum, selain itu juga sebagai sarana untuk menumbuhkan minat membaca masyarakat setempat.

“Kegiatan ini untuk mewarnai HUT RI ke-73, dan ini kami pastikan berbeda dengan kegiatan-kegiatan masyarakat diluaran sana. Pun, ini salah satu upaya kami untuk menumbuhkan cinta literasi di Desa Montok, tempat dimana kami saat ini mengabdi,” tuturnya.

Yuli Anisyah, salah satu pengurus Kompak mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada mahasiswa KPM posko 82 yang sangat peduli terhadap dunia literasi.

“Kami senang dapat bersama-sama dengan adik-adik mahasiswa ini dalam berupaya membumikan cinta literasi. Saya mewakili teman-teman komunitas mengucapkan terima kasih atas kebersamaan ini,” ucapnya.

Ia pun berharap, kegiatan ini tidak hanya dilakukan disaat KPM saja, namun sekembalinya ke kampung halamannya masing-masing, para mahasiswa tersebut tetap semangat untuk membumikan cinta literasi.

“Karena dengan membacalah kita bisa mengetahui yang tidak kita ketahui. Selain itu, membaca juga dapat mempererat silaturrahmi dan menambah teman, seperti saat ini,” papar Mahasiswi Pascasarjana IAIN Madura tersebut.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut, selain membaca juga ada banyak permainan yang disuguhkan untuk mengasah kemampuan anak-anak Desa Montok, seperti, nonton film, game akademis, serta membaca bersama di akhir acara. (PENAWARTA 04)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s