TNI Bersama Mahasiswa KKN di Pamekasan Membuat Pupuk Organik Dengan Kotoran Sapi

IMG-20180802-WA0060

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Babinsa Desa Banyubulu Koramil 0826/03 Proppo Serka M. Rifa’ie bersama Siswa KKN IAIN Pamekasan dan PPL Kecamatan Proppo memanfaatkan kotoran sapi, sekam bakar, serbuk kayu, tetes dan E24, dedak padi untuk dijadikan pupuk organik. Kamis ( 02/08/18 ).

Misbah, Ketua Poktan Harapan Jaya Banyubulu saat mempraktekkan pembuatan pupuk organik kepada para kelompok tani yang didampingi Babinsa dan PPL menyampaikan, kegiatan ini untuk memberikan contoh kepada para poktan agar paham cara mengolah atau pembuatan pupuk organik kotoran sapi, sekam bakar, serbuk kayu, karena tidak semua petani bahkan banyak petani yang belum mengetahui cara membuat pupuk organik yang baik dan benar.

Sementara itu, Serka M. Rifa’ie mengemukakan bahwa pupuk organik sangatlah berguna bagi para petani, karena selain cara dan proses pembuatannya mudah, hemat biaya sehingga dapat meningkatkan hasil produksi tanaman, dan tanaman akan bertambah subur,” ungkapnya

Danramil 0826/03 Proppo Kapten Inf Bambang Riyanto, saat ditemui di Makoramil Proppo  membenarkan adanya kegiatan anggota Babinsanya tersebut, hal itu sebagai bagian dari kegiatan pendampingan pertanian yang harus dilakukan oleh Babinsa bersama kelompok tani di desa binaannya. Dengan pemanfaatan pupuk organik tersebut tentunya akan lebih menghemat biaya perawatan lahan dan produksi tanaman yang diharapkan dapat meningkatkan dan akan menambah kesejahteraan petani itu sendiri,” kata Danramil.

<

p dir=”ltr”>Apalagi pembuatan pupuk organik yang tidak terlalu sulit, bahan bakunya juga dari sampah atau kotoran yang ada disekitar kita, dapat kita manfaatkan secara optimal untuk pembuatan pupuk organik. Bahan-bahan organik tersebut sangat dianjurkan dan tidak kalah dengan pupuk maupun obat-obatan berbahan kimia bahkan dengan pemakaian obat dan pupuk organik tersebut hasinya juga lebih sehat untuk kita konsumsi,” papar Kapten Inf Bambang Riyanto. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s