Jadi Kandidat Kohati Jatim, Nur Suci Usung Pembumian Platform Gerakan Kohati

IMG-20180722-WA0030

PENAWARTA.COM – Surabaya, Korps HMI-Wati (Kohati) Badan Koordinasi (Badko) Jawa Timur (Jatim) direncanakan akan menggelar perhelatan Musyawarah Daerah Kohati (Musdakoh) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sumenep Madura pada 26-29 Juli 2018.

Forum pengambilan tertinggi di tingkatan Badko ini diadakan setiap dua tahun sekali yang bertujuan melahirkan nahkoda baru dalam kepemimpinan Kohati Jatim di dua tahun ke depan.

Terkait dengan kegiatan itu, Penanggung Jawab Musyawarah Daerah Kohati Badko Jatim, yang sekaligus Ketua Umum Kohati Badko Jatim, Nadia Maria Ulfa, menyatakan pelaksanaan penjaringan calon kandidat Kohati Badko sudah dilakukan sejak tanggal 18 Juli dan ditutup pada 21 Juli 2018.

“Tadi malam sudah penutupan pendaftaran. Dan ada dua kandidat yang sudah mendaftarkan diri. Pertama, Khodijah dari Cabang Bangkalan. Kedua, Nur Suci Romadliyah dari Cabang Surabaya”, ujar Nadia, Minggu (22/7/2018)

Nadia juga menambahkan, kedua kandidat tersebut mendaftarkan diri ke sekretariat Badko HMI Jawa Timur di waktu yang berbeda. Khodijah datang lebih dulu dengan menyerahkan berkas pendaftaran yang menjadi syarat perlengkapan administrasi pencalonan. Beberapa jam kemudian, menjelang penutupan, Nur Suci datang beserta tim pemenangannya untuk menyerahkan berkas pencalonannya.

“Hari ini, tim stering committee Musdakoh sedang melakukan tahap verifikasi, baik berkas maupun faktual. Ada beberapa hal yang diverifikasi terutama beberapa berkas pencalonan yang harus dipenuhi kandidat,” tutur Nadia.

Di antara syarat tersebut, tambah Nadia, di antaranya pernah menjadi pengurus Kohati Komisariat, Kohati Cabang dan/atau Kohati Badko, kandidat juga harus telah lulus LKK dan LK III yang dibuktikan dengan adanya fotocopy sertifikat, serta melampirkan minimal satu surat rekomendasi dari Kohati Cabang.

“Kita tunggu saja hasil verifikasi berkas tim SC Musdakoh,” tutup Nadia.

Sementara itu, Nur Suci Romadliyah saat dikonfirmasi secara terpisah seusai mendaftarkan diri sebagai kandidat Kohati Badko Jatim menyatakan, visi yang diusungnya adalah membumikan platform gerakan Kohati sebagai mata air gerakan organisasi modern. Menurut perempuan kelahiran Sumenep, 24 Februari 1994 ini, platform gerakan yang hendak dibangunnya adalah perkaderan yang berorientasi pada sisi intelektual, leadership, manajerial dan kemandirian Kohati. Dengan kemampuan intelektual, diharapkan Kohati akan selalu memberikan warna dan solusi bagi setiap problematika keummatan dan kebangsaan yang kerap muncul belakangan ini.

“Misalnya, dalam kasus bom bunuh diri di Surabaya kemarin yang melibatkan ibu dan anaknya. Kohati tidak terlihat tampil ke publik menyampaikan gagasan, gerakan dan solusi untuk menangkal upaya-upaya pelibatan ibu dan anak dalam aksi-aksi teror”,ujar Suci.

Kenyataan tersebut menunjukkan, tambah Suci, gambaran Kohati secara nasional yang kurang responsif menanggapi isu-isu keperempuanan dan anak. Padahal dari sana sebenarnya Kohati bisa diakui keberadaannya karena tawaran gagasan yang diusungnya.

“Dari itu penting dilakukan peningkatan kemampuan menulis kader Kohati guna menopang gerakan wacana yang bercorak keislaman dan kebangsaan. Setidaknya, Kohati Jatim dapat menjadi barometer gerakan Kohati Nasional,”tutur aktivis yang baru saja menyelesaikan studi S2-nya di UIN Surabaya ini.

Sedangkan dari sisi internal, Suci menyatakan akan memprioritaskan penanaman nilai-nilai ke-Kohati-an pada diri setiap kader Kohati Jawa Timur.

“Tentunya juga mendorong dan mengawal setiap Kohati Cabang untuk menjalankan kewajiban perkaderan secara sistemik dan berkelanjutan”,tutup Suci (PENAWARTA 04).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s