Kemarau Panjang Anggota Koramil Pasean Beri Solusi Untuk Petani

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Menghadapi musim kemarau panjang, Pelda sukur Bati Konsos Koramil 0826/ 13 Pasean melaksanakan kegiatan Komsos dengan warga desa binaannya Muklis Dusun Rukem Timur Desa Sotaber. Dalam kesempatan tersebut pelda sukur memberikan masukan agar para petani mensiasati sistem bercocok tanam karena saat sekarang sedang terjadi musim kemarau, Jum’at (20/07/18).

Datangnya musim kemarau menyebabkan kurangnya pasokan air, sehingga menyulitkan pertanian jenis padi dan tumbuhan lain yang bergantung pada lancarnya pasokan air. Mensiasati hal tersebut, petani dianjurkan untuk menanam palawija.

Pelda sukur Bati Komsos Koramil 0826/13 Pasean, mengatakan, tanaman padi tidak dapat tumbuh dengan baik karena berkurangnya pasokan air di musim kemarau seperti sekarang. Sehingga pihaknya menganjurkan untuk mengalih fungsikan lahan pertanian tersebut dengan tanaman lain yang tidak memerlukan banyak air.

“Lahan yang akan ditanami macam tanaman palawija seperti kacang-kacangan, timun dan tanaman sayuran lainnya,” ujar Pelda Sukur.

Sebelumnya, para petani harus melakukan pengolahan lahan pertanian dengan mencangkulnya dan membuat bedengan kecil tempat bibit-bibit palawija tersebut ditanam.

Selain itu, lanjut Pelda Sukur, penyuluhan yang diberikan kepada para petani memang tak terbatas hanya mengenai padi semata. Namun, pembinaan juga menyangkut penanaman tanaman lain seperti palawija, dengan demikian, kemungkinan gagal panen akibat kekeringan bisa diminimalisasi.

“Tentunya sebagai TNI yang manunggal dengan rakyat, kami akan membantu para petani untuk menghadapi masa–masa sulit di musim kemarau ini,” pungkasnya. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s