Babinsa Lancar Bekali Siswa SD Tentang Kedisiplinan di Pondok Romadhan

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Pondok Ramadhan merupakan suatu kegiatan sekolah yang bersifat intra kurikuler, kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada bulan puasa (Ramadhan).

Tujuannya adalah dalam rangka meningkatkan amal ibadah peserta didik dan guru atau yang lainnya pada bulan Ramadhan yang arahnya mendorong pembentukan kepribadian peserta didik baik sacera rohani maupun jasmani dengan melakukan penghayatan terhadap ibadah puasa dan amal-amal ibadah lainnya yang ia kerjakan.

Untuk mengisi waktu luang dengan lebih memakai dan memperdalam iman dan taqwa,
Para Siswa SDN Lancar Dusun Aries Tengah Desa Lancar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan mulai dari kelas V dan VI sebanyak 55 orang selama 3 hari, mengikuti acara Pondok Romadhan.

Dalam kegiatan pondok ramadhan tersebut, Babinsa Desa Lancar Koramil 0826/05 Larangan Serda M. Fauzi, dipercaya oleh pihak sekolah untuk memberikan pembekalan tentang kedisiplinan kepada para siswa yang dilakukan di ruang kelas SDN Lancar Desa Lancar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Rabu (06/6/18 )

Komandan Koramil 0826/05 Larangan Kapten Inf Yainaroh menjelaskan untuk menanamkan kedisiplinan kepada siswa dan siswi, pihak koramil diminta oleh pihak sekolah untuk memberikan pembekalan pada kegiatan pondok ramadhan kepada para siswanya.

“Kami telah memerintah kepada babinsa, untuk berperan aktif ikut memberikan sedikit ilmunya, berkaitan dengan materi-materi kedisiplinan.

Dikatakan, penanaman sikap disiplin harus dimulai sejak dini, menanamkan kedisiplinan kepada anak, dimulai dari hal kecil baik dilingkungan sekolah maupun di rumah,” ungkap Kapten Inf Yainaroh.

Sementara itu menurut Babinsa Lancar Serda M. Fauzi, dengan pelatihan kedisiplinan ini, diharapkan dapat terbentuk suatu perwatakan yang bagus dan terbentuk pribadi yang disiplin,” katanya.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan iman dan taqwa para siswa. “Keimanan harus dipupuk sejak anak berusia dini, momen Ramadhan ini kami manfaatkan untuk ikut memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya disiplin,” ungkapnya.

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan keutamaan, bulan penuh berkah dan didalamnya terdapat peluang untuk mencapai keberhasilan serta kemuliaan. Sangat tepat apabila bagi para siswa untuk mengisi kegiatan Ramadhan tersebut dengan kegiatan-kegiatan positif yang mengarah pada peningkatan kualitas ibadah dan pengetahuan agama.

Pada kesempatan tersebut Babinsa menyampaikan kepada siswa-siswi agar dapat memahami makna dari hakikat puasa dimana kita tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja tetapi juga menahan dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik.

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh sekolah pada bulan Ramadhan ini diharapkan para siswa- siswi dapat terbentuk moral dan akhlak yang baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan tempat tinggal

”Yang terpenting siswa harus mempunyai rasa tanggung jawab yang lebih kepada tugas-tugas sekolah,” pungkasnya. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s