Koramil Pademawu Berkomitmen Untuk Menyukseskan Swasembada Pangan

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Guna mengantisipasi serangan hama wereng (Blass) di sentra padi Kecamatan Pademawu, Babinsa Desa Majungan Koramil 0826/06 Pademawu Sertu Moh. Bubar bersama Bapak Asyari Kohariman Sp, Bapak Budi Sp. (Dinas Pertanian Pamekasan) dan Bapak Moh. Badri (Ketua Poktan Dahlia I) melakukan pengecekan tanaman padi yang terserang dari hama wereng blass.

Mereka bersama-sama dengan sejumlah petani terjun langsung ke lahan persawahan mengecek tanaman padi yang terindikasi terserang hama wereng blass, di Dusun Koberung Desa Majungan Kecamatan Pademawu, Minggu (03/06/18).

Informasi mengenai serangan hama wereng blass ini didapat dari Babinsa, kemudian melakukan kordinasi dengan penyuluh pertanian, selanjutnya bersama kelompok tani, melakukan pegecekan.

Hal ini dilakukan babinsa sebagai bagian dari komitmen TNI, Kodim 0826/ Pamekasan khususnya Koramil 0826/06 Pademawu dalam rangka mendukung sukses program swasembada pangan di Tahun 2018.

Menurut Sertu Moh Bubar, para Babinsa siap membantu petani di wilayah Pademawu kapan saja, dengan selalu berkoordinasi bersama PPL dan petani untuk melaksanakan pengendalian pemberantasan hama padi.

Disamping melaksanakan pendampingan secara umum, anggota Koramil 0826/06 Pademawu juga ikut melaksanakan penyemprotan bersama dengan warga, kelompak tani di desa yang padinya terserang hama wereng blass.

Sementara Asyari Kohariman Sp, dari Dinas Pertanian Pamekasan mengatakan, karena intensitas curan hujan yang kurang, sehingga membuat tanaman padi rentan terserang hama khususnya hama wereng blass.

Guna menyelamatkan tanaman padi milik petani dan sebagai antisipasi meluasnya serangan hama blass, harus dilakukan upaya dengan cara melakukan penyemprotan yang tepat untuk membasmi hama blass yang menyerang tanaman padi.

“Proses penyemprotan hama blass tidak cukup dilakukan hanya sekali akan tetapi harus selalu dilakukan pemantauan sehingga bila ditemukan lagi hama tersebut wajib dilakukan penyemprotan lagi,” ujarnya.

Dijelaskan, waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka yaitu pada pagi atau sore hari. “Cairan pestisida yang digunakan dalam penyemprotan pengendalian hama blass menggunakan jenis Fillia dan Ofus,” jelasnya, melanjutkan.

Kami berkomitmen bersama Babinsa Koramil 0826/06 Pademawu terus melakukan pendampingan kepada kelompok tani, agar serangan hama wereng blass ini tidak semakin meluas.

Mudah-mudahan upaya yang dilakukan hari ini bisa berhasil, diharapkan produksi panen padi petani dapat meningkatkan dan tentunya akan menambah kesejahteraan bagi petani,” pungkasnya. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s