Pedagang Sampang Menjual Takjil Ramadhan Mengandung Borak

BPOM Menemukan Takjil Ramadhan mengandung borak

PENAWARTA.COM – Bulan puasa semestikan diisi dengan perbuatan baik dan bermanfaat bagi sesama, termasuk dalam hal perdagangan. Tapi tidak demikian halnya dengan warga Madura.

Buktinya, hasil inspeksi mendadak Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya di Kabupaten Sampang, ditemukan adanya ada dagangan takjil warga di wilayah itu yang mengandung borak dan formalin yang dijual di bazar takjil Ramadhan di kawasan monumen Trunojoyo Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis (24/5/2018).

“Ada lima makanan takjil yang positif mengandung boraks dan formalin, setelah kami mendeteksi dengan melakukan uji laboratorium langsung di lokasi,” ujar Kepala BBPOM Surabaya Sapari di Sampang dalam keterangan persnya kepada wartawan setempat.

Sapari mengatakan, petugas mengambil makanan sebanyak 26 sampel. Hasilnya ditemukan ada 5 jenis makanan yang positif mengandung boraks dan formalin. [Baca Juga: Warga Madura Jadi Kurir Narkoba Lintas Negara]

Terdiri dari makanan jenis krupuk, pentol, pempek, bandeng dan cincau. Temuan itu langsung dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang.

“Kami sarankan kepada penjual untuk tidak menjualnya lagi, mereka diberi pembinaan karena tugas kami adalah melindungi masyarakat dari obat maupun makanan yang merugikan kesehatan konsumen,” katanya.

Dirinya mengaku masih akan melakukan penelusuran dan pendalaman terhadap asal bahan-bahan tambahan berbahaya ini.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Sampang Asrul Sani, menuturkan penjual makanan takjil tidak mengetahui bahan makanan yang mereka jual ternyata mengandung bahan berbahaya. Sebab, makanan yang dijualnya bukan dari hasil produksi sendiri, melainkan hanya mengambil barang titipan dari pengusaha lainnya. [Baca Juga: Kasus Karacunan Massal Pamekasan Tak Terurus Aparat]

Namun demikian, pemasok takjil yang ditemuan mengandung borak dan formalin itu sudah diketahui.

“Jadi kami akan melakukan sosialisasi pada pedagang, dalam waktu dekat kami akan adakan pertemuan dengan mereka,” pungkasnya. (PENAWARTA.COM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s