Silaturahmi, Kodim 0826 Pamekasan bersama Forpimda, FKUB dan Komponen Masyarakat Deklarasi Tolak Terorisme

Suasana Saat mendeklarasikan pernyataan sikap terhadap bentuk kejahatan serangan terorisme di Aula Makodim 0826 Pamekasan.

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Maraknya teror bom bunuh diri terhadap sejumlah gereja yang terjadi beberapa hari lalu di kota Surabaya, Sidoarjo serta di Polrestabes Surabaya, menjadi perhatian tersendiri bagi Makodim 0826 Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan kesiapan siagaannya dalam membantu pengamanan instansi Polri.

Kodim 0826 Pamekasan bersama Forpimda, Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) setempat dan komponen masyarakat mendeklarasikan pernyataan sikap terhadap bentuk kejahatan serangan terorisme yang di gelar di gedung Makodim setempat, Rabu (16/05/2018).

Deklarasi tersebut di pimpin langsung oleh Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto, usai melaksanakan silaturrahmi bersama yang dikemas dengan Coffee morning.

Berikut pernyataan sikap yang di deklarasikan dalam rangka menjaga dan menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Pamekasan;
1. Menyampaikan rasa bela sungkawa dan turut berduka cita yang sedalam dalamnya terhadap para korban serangan teror bom di beberapa gereja Surabaya.
2. Mendukung pelaksanaan ibadah, semua agama dan kepercayaan khususnya di Kabupaten Pamekasan.
3. Mengajak seluruh umat beragama untuk tetap bersatu dan tidak terpancinng upaya adu domba antar umat beragama.
4. Mengutuk keras serangan teror bom terhadap beberapa gereja di Surabaya.
5. Mari kita bersatu untuk menolak terorisme.

Pernyataan tersebut dibacakan secara bersama – sama oleh Forpimda (perwakilan Pemkab, Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf Nuryanto, Wakapolres Pamekasan Kompol Harnoto, Ketua FKUB, KH. Mu’id Khozim bersama para penganut agama non muslim) yang ada di Pamekasan, Danramil, Perwakilan PWI Pamekasan, FWP dan AJP serta komponen tokoh masyarakat.

Sebelum menyatakan sikap deklarasi, Letkol Inf Nuryanto menyampaikan terima kasih kepada para undangan yang hadir dalam sambutannya.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tamu undangan yang telah meluangkan waktu untuk hadir di Kodim 0826 Pamekasan dalam rangkaian silaturrahmi ini,” katanya saat sambutan.

Dikatakan, acara tersebut merupakan salah satu tugas sebagai satuan kewilayahan, dimana pihaknya mendapatkan tugas untuk menciptakan atau membentuk ruang alat dan kondisi juang yang tangguh guna pertahanan negara kedepan. Serta bertugas meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Dari tugas tersebut, kami selalu berupaya menjalin silaturrahmi dengan segenap komponen masyarakat, baik kami yang hadir di tengah-tengah ataupun kami yang menghadirkan bapak-bapak sekalian,” tutur Letkol Inf Nuryanto.

Lebih lanjut, Letkol Inf Nuryanto mengatakan bahwa masyarakat masih dalam suasana berduka, dimana pada tanggal 13 kemarin semuanya dikejutkan dengan peristiwa teror bom baik di tempat ibadah maupun di instansi pemerintah.

“Dengan silaturrahmi ini, kami mengharap, terjalin komunikasi yang erat, baik, sehingga kita sama-sama dapat menjaga dan mewujudkan kondusifitas wilayah, khususnya wilayah di Kabupaten Pamekasan ini,” paparnya.

Sementara, hal senada juga disampaikan Wakapolres Pamekasan Kompol Harnoto, atas nama Mapolres Pamekasan pihaknya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi silaturahmi yang digelar Makodim 0826 Pamekasan.

“momennya sangat tepat sekali, sebagaimana kita ketahui bersama diwilayah Jawa Timur terjadi musibah, adanya serangan teror,” katanya.

“Kami tidak sendiri bapak Dandim, ada tokoh sejumlah agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan lainnya juga bersama-sama menyikapi kejadian yang akhir akhir ini terjadi,” tambah Kompol Harnoto.

“kami juga menyampaikan terima kasih atas inisiatif bapak Dandim menggelar acara ini, kita tetap akan menjaga Sinergitas ini untuk menciptakan suasana Pamekasan aman dan kondusif, ” katanya lagi.

Ketua FKUB Pamekasan, KH. Mu’id Khozim juga mendukung adanya kegiatan hal seperti ini terus bahkan ia mendorong kegiatan ini akan terus berjalan hingga dapat menciptakan Sinergitas antar tokoh, antara umat beragama untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

“kami menyambut baik acara ini, kita dukung apa yang sudah direncanakan bapak Dandim, ini dalam rangka membangun sinergitas, kami terus berusaha melakukan koordinasi dengan pak Dandim dan pak Kapolres serta dengan pada agama lain, tujuannya untuk menjadi Sinergitas dan menciptakan Pamekasan aman dan kondusif seperti saat ini,” terangnya.

Seperti yang diketahui, silaturahmi yang digelar di Aula Makodim 0826 Pamekasan itu, sebagai wujud dan pernyataan sikap Forpimda Pamekasan berama FKUB serta komponen masyarakat dalam rangka menolak kejahatan dan segala bentuk tindakan terorisme. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s