Ciptakan Generasi Muda Berkepribadian, Koramil Kota Pamekasan Berikan Pelatihan Kepramukaan kepada Siswa-siswi SMA Muhammadiyah


PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Untuk menyiapkan kader generasi muda yang tangguh, berwawasan kebangsaan, berkepribadian, solid dan memupuk solidaritas sesama, 4 anggota Koramil 0826/01 Kota Pamekasan dipimpin Sertu Yosef Daniel melaksanakan kegiatan pelatihan kepramukaan kepada siswa-siswi SMA Muhammadiyah Kelurahan Patemon Kecamatan Pamekasan. Rabu ( 14/2/18 )

Dalam kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika kita mengenal ada 5 macam Krida yaitu Krida Survival, Krida Pioner, Krida Mountenering, Krida Navrat, dan Krida Penanggulangan Bencana. Salah satu pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan kepada para siswa salah satunya adalah Krida Mountaineering.

Krida Mountaineering yakni krida yang mempelajari tentang cara melintasi suatu kondisi alam dimana kita berada misalnya pegunungan, perbukitan ataupun tebing,” kata Sertu Yosep Daniel

Mountaineering adalah teknik dalam mendaki gunung, ruang lingkup kegiatan dari Mountaineering sendiri meliputi banyak kegiatan diantaranya Hill Walking/Hiking, Wall Climbing, Rock Climbing, Ice and Snow Climbing,” jelasnya.

Selain itu mountaineering juga dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan gunung atau dalam arti yang luas berarti suatu perjalanan yang meliputi mulai dari hill walking/hiking sampai pendakian ke puncak-puncak gunung yang sulit.

Sebelum aplikasi kegiatan mountaineering dilapangan, terlebih dahulu para siswa harus mempraktekkan cara dan tehniknya yang benar,

“Kegiatan mountaineering mutlak memerlukan alat bantu khusus seperti karabiner, tali panjat, harness, figure of eight, sling, dan sederetan peralatan mountaineering lainnya,” terangnya.

Menurutnya, tujuan dari latihan ini adalah sebagai wadah pembinaan karakter dan jatidiri melalui metode belajar dan berlatih bagi anggota Pramuka.

Lebih lanjut Sertu Yosef menerangkan, kegiatan kepramukaan merupakan sarana menyiapkan kader generasi muda yang tangguh,  kebangsaan, berkepribadian, solid dan memupuk solidaritas sesama serta memiliki jiwa kompetisi agar mampu menjawab tantangan jaman. 

“Dengan menanamkan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada generasi muda sejak dini, rasa cinta tanah air dan nasionalisme akan terpatri melekat dalam jiwa dan raganya,” tandasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s