Babinsa dan PPL Cek Administrasi Pengurusan Kartu Tani


PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Babinsa dan PPL merupakan mitra kerja yang tak dapat dipisahkan untuk mendukung program pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan.

Setiap saat harus terjun ke lapangan untuk mengetahui sejauh mana hambatan dan kelihatan kesah yang dihadapi petani atau masyarakat serta melakukan pembinaan dan penyuluhan menyangkut masalah pertanian.

Seperti pagi ini, Babinsa Desa Tampojung Tenggina Koptu Nurudin Koramil 0826/10 Waru beserta PPL Adim Sarjono dan Abd. Hamid melaksanakan pengecekan persyaratan administrasi untuk pengurusan kartu tani di Poktan SEKAR TANI didampingi Kapoktan Bapak Abd Hamid di Dusun Tenggina Desa Tampojung Tenggina Kecamatan Waru. Jum’at (27/1/18).

“Kartu Tani merupakan kartu identitas bagi para petani yang gunanya untuk menyalurkan jatah pupuk bersubsidi dan berbagai bantuan lain dari pemerintah langsung kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani,” kata Nurudin.

“Banyak manfaat yang didapat bagi pemegang Kartu Tani diantaranya ; Petani mendapatkan jatah pupuk bersubsidi, Petani mendapat kepastian ketersediaan saprotan, Kemudahan menjual hasil panen ke bulog, Sebagai alat transaksi (transfer, pembelian, pembayaran dll), dan Kemudahan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR),” jelasnya

Syarat untuk mendapatkan Kartu Tani salah satunya, Petani harus tergabung dalam Kelompok, Petani mengumpulkan Foto Copy e-KTP/KK dan Tanda Kepemilikan Tanah bukti setoran pajak tanah.

“Untuk itu kami bersama PPL mencoba membantu mengecek kelengkapan administrasi yang dibutuhkan petani untuk mengurus kartu tani serta memastikan bagi warga yang belum terdaftar dalam kelompok tani sedapat mungkin untuk masuk dalam keanggotaan kelompok tani,” jelasnya.

Sejauh ini, kata Nurudin, terdaftar 120 orang yang masuk keanggotaan dalam kelompok tani Sekar Tani, sesuai pengecekan administrasi pagi ini.

“Setelah administrasi lengkap, selanjutnya PPL melakukan pendataan dan verifikasi data ke lapangan (NIK, Luas lahan, Komoditas dan jenis pupuk), PPL mengupload/mengunggah data petani ke dalam SINPI, mengupload Data RDKK dan Alokasi Pupuk Bersubsidi,” pungkasnya. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s