Santri Diminta Hati Hati Gunakan Medsos


PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Sabtu 20 Januari 2018 adalah hari ke dua dari peresmian acara pekan ngaji 3 Bata-Bata. Tema ngaji atau seminar yang ke lima kali ini adalah Urgensi Media Sosial Bagi Santriwati, mulai dari dampak min-plusnya, cara penggunaanya yang efektif, sampai hikayat generasi zaman ke zaman yang berkelut dalam perkembangan teknologi.

Menjadi pemateri dalam seminar kali ini menimbulkan kesan tersendiri baginya. “saat pertama kali terima undangan dari pondok ini (bata-bata/red), saya merasa agak aneh. Karena dilihat dari kata ’ngaji’ dan ‘media sosial’, menurut saya itu adalah dua hal yang berlawanan, tapi masih ada kemungkinan untuk disatukan”, tutur Dr. Hj. Hanun Asrohah, M.Ag, saat diwawancarai tim reporter Pekan Ngaji 3.

Di samping itu, penjelasan beliau lebih mengutamakan tentang ‘apa media sosial’, ‘bagaimana cara memanage hidup yang erat kaitannya dengan kemajuan teknologi’. Beliau menghimbau para santri untuk benar-benar siap menjadi pribadi ‘pejuang’, dan bukan pejuang yang ingin ‘berjuang’ (beras, baju dan uang/red). Maksudnya, fitrah kita sebagai manusia harus melakukan sesuatu dengan ikhlas, bukan untuk tujuan yang lain.

Wal hasil, pesan dari beliau sendiri untuk para peserta seminar adalah untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial, supaya terhindar dari ketidakberuntungan. “selain memang semuanya itu kembali pada individu masing-masing, tapi kita tetap wajib berhati-hati. Cugukan sosial, khususnya dari orang tua harus ada, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi”, tambahnya yang merupakan dosen UIN Sunan Ampel, dan alumni santri di PP. Tambak Beras Jombang. (PENAWARTA-03) 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s