Pemkab Pamekasan Selenggarakan Bursa Inovasi Desa

Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asy’ari bersama Ketua DPRD, Dandim
0826, Kapolres Meninjau langsung inovasi dari pelayanan kesehatan Pamekasan. 

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Pemerintah Kabupaten Pamekasan, melalui dinas pemberdayaan masyarakat dan desa menyelenggarakan bursa inovasi desa (BID) di pendopo Ronggosukowati, Kamis (28/12/2017).

Kegiatan yang dihadiri sekitar 700 undangan ini menampilkan berbagai inovasi desa yang ada di 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan.

Salah satunya, Desa Waru Barat, Desa Nyalabu Laok, dan desa Sukolela memajang hasil inovasi desanya masing-masing.

Adapun unsur yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya, Forkopimda, seluruh camat, seluruh Kades, sekedar, ketua BPD se Kabupaten, para Kasi PMD, dan tenaga ahli P3MD serta konsultasi perwakilan wilayah Jawa Timur.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pamekasan, Ach. Faishol menyampaikan dalam laporannya, kegiatan bursa inovasi desa tahun 2017 ini berdasarkan keputusan Mentari Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 83 tahun 2017 tentang pedoman umum inovasi desa bertujuan untuk memotivasi pembangunan desa.

“memotivasi dan memberi rangsangan kepada desa agar dapat berinovasi dalam perencanaan pembangunan, sehingga dapat memprioritaskan pembangunan desa, ” ucap Faishol.

Selain itu lanjut Kadis PMD ini, juga untuk mendorong desa dapat secara optimal mengimplementasikan undang – undang tahun 2016 tentang desa.

Faishol berharap, semua desa di Kabupaten bsrslogan Gerbang Salam ini mampu memahami cara cara berinovasi, mampu mengembangkan potensi desanya lebih kreatif dan inovatif, dan mampu merencanakan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tepat sasaran dan mengutamakan kebutuhan desa serta bersifat inovatif.

Sementara wakil bupati Pamekasan, Khalil Asy’ari mengingatkan secara khusus kepada para kepala desa dan jajarannya, pemerintah pusat telah mengucurkan anggaran yang sangat besar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

“melalui program dana desa ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan percepatan pembangunan di tingkat desa yang lebih efektif dan efisien, ” katanya, menjelaskan.

Wabup Khalil mengatakan, proses perencanaan pembangunan dari dan oleh desa ini diharapkan para kepala desa mampu mewujudkan pembangunan desa yang menyentuh kebutuhan masyarakat, sehingga dapat mensejahterakan masyarakat di desa tersebut.

“integritas, kapabilitas dan akuntabilitas kepala desa dan aparat ya dalam memimpin dan mengelola semua sumber daya yang ada di desanya benar-benar terimplementasi dengan baik, ” sambung Wabup Khalil.

Politikus partai persatuan pembangunan (PPP) ini meminta seluruh kepala desa untuk membuat program inovasi yang dapat mendorong tumbuhnya kesejahteraan masyarakat desanya.

wakil bupati Pamekasan berharap,
Pengelolaan dana desa harus dilaksanakan dengan baik.

“saya berharap Porsi belanja desa harus seimbang dan mematuhi regulasi yang ada, ” tandanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s