Babinsa Di Pamekasan Jadi Pelopor Pembuatan Pupuk Bokashi


 

Serka Adi Susanto, Babinsa Koramil 04 Galis , saat membuat pupuk organik bersama warga.

PENAWARTA.COM – Pamekasan,  Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai ujung tombak Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mempunyai peranan yang nyata dan strategis dalam program ketahanan pangan dan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, yang sebagian besar mata pencahariannya adalah sebagai petani.

Hal itu nyata tidak menjadi slogan semata karena seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 0826/04 Galis Serka Adi Santoso didesanya, dia menjadi pelopor pembuatan pupuk bokashi, dia selalu aktif berkomunikasi dan bahkan tidak canggung langsung membantu pembuatan pupuk bokashi di poktan Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan yang merupakan binaannya, Rabu (06/12/17).

Pupuk bokashi sangat mendukung produktivitas dan peningkatan ekonomi pertanian karena tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, ramah lingkungan, tidak menimbulkan dampak negatif baik bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya,”tegas Adi Santoso

Serka Adi Santoso saat ditemui menyampaikan bahwa petani di Desa Galis sudah siap menyemai benih. “mengolah tanah untuk tanam padi dan diperkirakan serentak akan dimulai pada bulan desember dan kami akan terus mendorong dan memotivasi untuk melaksanakan penanaman padi guna mendukung percepatan luas tambah tanam pada periode Oktober – Maret,” ungkap Serka Adi.

Fausi selaku Kapoktan Sinta mengaku, merasa sangat terbantu oleh babinsa dalam mengolah pertanian didesanya apalagi sekarang kami sudah dapat mengurangi biaya modal pertanian dengan pupuk bokashi yang di pelopori oleh bapak babinsa.

“kami siap mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan guna memperkuat ketahanan pangan nasional,” tandasnya. (PENAWARTA-030)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s