Tingkatkan Ketangkasan, Anggota Kodim Pamekasan Ikuti Latihan Beladiri Meliter Yong Moodo


Anggota TNI Kodim 0826 Pamekasan saat latihan bela diri meliter

PENAWARTA.COM – Pamekasan, Tingkatkan Ketangkasan Bela Diri bagi Prajurit, Kodim 0826/Pamekasan menggelar latihan Bela Diri Militer ( BDM ) Yong Moodo bertempat di Aula Makodim 0826/Pamekasan, Selasa (28/11/17).

Belajar dan berlatih Bela Diri Militer (BDM) merupakan keharusan bagi setiap prajurit salah satu adalah Bela Diri Militer, yang telah diprogramkan dari Angkatan Darat berupa beladiri Yong Moodo karena jenis Bela Diri tersebut dianggap yang paling sesuai diterapkan bagi para prajurit guna menghadapi ancaman berbagai jenis serangan lawan.

Pasi Ops Kodim 0826/Pamekasan Kapten Inf Joelian mengungkapkan, pelaksanaan latihan bela diri Yong Moodo Prajurit Kodim 0826, untuk dilatih meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian dari segala ancaman/gangguan dan siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi dalam pelaksanaan tugas.

“Selain mahir menembak prajurit Kodim 0826/Pamekasan dilatih untuk mahir Yong Modoo, hal tersebut bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, dan juga untuk melindungi masyarakat kususnya Babinsa di tiap koramil apabila prajurit sudah memiliki kemampuan bela diri yang baik dia akan selalu tampil yakin menghadapi masalah tanpa senjata,” katanya, menjelaskan.

Kepada seluruh anggota supaya menyimak dan melaksanakan sesuai anjuran dan instruksi dari masing-masing pelatih dengan serius, untuk menghindari cidera pada saat melaksanakan latihan karena Yong Moodo, selain dikenal keras dan mematikan lawan. Beladiri ini juga, mengandalkan fisik yang prima dengan mengedepankan kemampuan perorangan, sehingga Yong Moodo merupakan wujud disiplin beladiri untuk penguasaan kemampuan bertempur jarak dekat.

Sebelum melaksanakan latihan, seluruh anggota melaksanakan senam pemanasan sesuai yang diinstruksikan oleh pelatih, hal ini penting dilaksanakan untuk meregangkan otot dan menghindari cidera fatal pada saat melaksanakan latihan.

Selesai melaksanakan pemanasan pelatih memberikan teori terlebih dahulu dimulai dari pengenalan tentang tehnik dasar Yong Moodo diantaranya meliputi latihan Kibon sogi (teknik dasar), Jamok (teknik pukulan), Balchagi (teknik tendangan), Nakbob (teknik jatuhan), Sonkisul (teknik kuncian) serta Momkisul (teknik bantingan). (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s