Sukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 05 Larangan Terus Galakkan Pendampingan bagi Petani


Babinsa Larangan Dalam saat mencangkul ladang milik warga setempat.

PENAWARTA.COM – PAMEKASAN, Dalam rangka mendukung dan menyusekseskan program pemerintah dalam swasembada pangan, Koramil 0826/05 Larangan Serda Musa Hidayat terus menggalakkan pendampingan kegiatan pertanian membantu membuka lahan dengan mencangkul di ladang milik ustadz Ashari (45) di Desa Larangan Dalam Kecamatan Larangan, Sabtu ( 25/11/17).

Seperti yang dilakukan Babinsa Desa Larangan Dalam, Upaya Khusus Swasembada Pangan sudah menjadi tugas Aparat Komando Kewilayahan, Babinsa memiliki tugas menggerakkan dan memotivasi petani untuk tanam serentak, perbaikan dan pemeliharaan jaringan irigasi, gerakan pengendalian OPT, dan panen.

Babinsa juga harus mendukung pula dalam keadaan tertentu, misalnya penyaluran benih, pupuk, dan alsintan tepat sasaran serta melaporkan infrastruktur jaringan irigasi.

Di lapangan, kehadiran Babinsa dalam program pangan akan menjadi motivator dan pendorong bagi petani dan kelompok tani, lebih dari itu, kehadiran Babinsa juga menjadi pemicu serta pemacu bagi para penyuluh dan petugas pertanian di lapangan.

Menurut Serda Musa Hidayat, demi membantu petani di wilayah binaannya, babinsa harus rela dan siap melakukan apa saja demi suksesnya program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Seperti yang kami lakukan hari ini, kami membantu menyiapkan lahan pertanian seluas 0.5 hektar dengan menggunakan alat tradisional cangkul, untuk ditanami jagung.

Danramil 0826/05 Larangan, Kapten Inf Yainaroh mengatakan, dalam mensukseskan program Swasembada Pangan terus menerus ditingkatkan dengan mengoptimalkan peran Babinsa. Kegiatan penyiapan lahan pertanian yang dilakukan oleh babinsanya merupakan bentuk dukungan Koramil 0826/05 Larangan dalam mendukung Program Pemerintah.

“Turunnya Babinsa diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas dalam program upsus swasembada pangan,” jelas Danramil.(PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s