Tiga Pilar Pemdes Pagendingan Lakukan Evaluasi Kamtibmas


Tiga Pilar Pemdes Pagendingan-Larangan saat melakukan rakor kamtibmas ciptakan desa kondusif, Senin (20/11/2017).

PENAWARTA.COM – Pamekasan, Tiga pilar di pemerintahan desa yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa harus bersinergi dalam mendeteksi dini setiap gangguan Kamtibmas yang ada di desa karena dengan memaksimalkan peran tiga pilar dapat mencegah setiap permasalahan dalam konteks kedaerahan ataupun permasalahan yang berskala nasional sejak dini.

Menyikapi hal tersebut, unsur tiga pilar Pemerintahan Desa Pagendingan Babinsa Sertu Sulyadi, Babinkamtibmas Aiptu Yanto dan Kepala Desa Hj Rahmawati SH melaksanakan rakor kamtibmas bersama perangkat desa di Balai Desa Pagendingan dalam rangka membahas dan mengevaluasi kamtibmas yang kondusif.

Kepala Desa Pagendingan Hj Rahmawati SH saat ditemui seusai memimpin rakor kamtibmas di Balai Desa Pagendingan menyampaikan bahwa dirinya sangat menyadari pentingnya peran tiga pilar desa dalam kehidupan masa sekarang, hiruk pikuk permasalahan-permasalahan kalau tidak dideteksi sejak dini akan susah diselesaikan, untuk itu dirinya sudah memprogramkan rakor kamtibmas dalam program kerja didesanya.

Sertu Sulyadi selaku Babinsa Pagendingan juga menyampaikan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yang diatur dalam undang-undang, Babinsa sebagai unsur pelaksana Koramil bertugas melaksanakan bimbingan Teritorial.

Babinsa juga memiliki tugas mengkoordinir dan melatih satuan perlawanan rakyat ( wanra ) di desa binaan serta memberikan penyuluhan kesadaran bela negara.

“Babinsa harus dapat memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat desa di bidang pertahananan dan keamanan negara serta dituntut dapat mensinergikan peran tiga pilar di desa dengan secara bersama-sama yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah, komitmen mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan,” tegasnya

Babinkamtibmas harus dapat membimbing masyarakat bagi terciptanya pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman masyarakat di desa atau kelurahan.

“Babinkamtibmas juga harus membina partisipasi masyarakat dalam rangka pembinaan Kamtibmas secara swakarsa disamping melakukan tugas-tugas kepolisian secara umum,” ungkap Aiptu Yanto.(PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s