Dandim Pamekasan Sosialisasi Bahaya Narkoba

Dandim Pamekasan Letkol Inf Nuryanto

PENAWARTA.COM – Bertempat di Aula Makodim 0826/Pamekasan Jalan Letnan Maksum No 12 Kelurahan Lawangan Daya Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Tes Urine dalam rangka program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN ) anggota Militer dan ASN Kodim 0826 /Pamekasan triwulan IV TA. 2017. Senin ( 06/11/17 )

Hadir dalam kegiatan P4GN, Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Nuryanto, Dr. Kristianto Tim BNK/ Satgas P4GN Pamekasan, Ibu Rida sekretaris BNK Pamekasan, Satuan Narkoba Polres Pamekasan, para Danramil dan Perwira Staf serta seluruh anggota Militer dan ASN Kodim 0826/Pamekasan.

Sebelum dilaksanakan Penyuluhan P4GN, Letkol Inf Nuryanto, Dandim 0826/Pamekasan mengingatkan kembali kepada seluruh anggota Kodim 0826/Pamekasan tentang apa itu MOLIMO. Main maksudnya melakukan perjudian, sabung ayam, berjudi, bertaruh judi bola juga termasuk jenis perjudian, Madon melakukan pelacuran, prostitusi, maksiat dan perselingkuhan, Maling adalah mencuri, suap, korupsi dan mengambil yang bukan haknya, Madat ; menggunakan candu, zat adiktif atau narkoba seperti ganja, putau, sabu-sabu, extacy dan sejenisnya, dan Minum adalah melakukan minum-minuman keras, minuman yang memabukan, minum alkohol, dll.

Molimo tanpa dijelaskan dengan panjang lebar kita sudah tau betapa bahayanya, kita banyak melihat di masyarakat melakukan judi, terbiasa dengan maksiat dan selingkuh, hingga mencuri dan minum minuman keras hingga mabuk tidak akan bahagia hidupnya, mereka menjadi musuh masyarakat dan tertipu dengan jerat-jerat syaithon.

Untuk itu saya mengharapkan kepada seluruh anggota Kodim 0826 Pamekasan agar jangan ada yang terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba atau Madat, baik sebagai pemakai maupun pengedar Narkoba, karena ancamanya sudah jelas dipecat dan dalam rangka pencegahan maka hari ini dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pengecekan urine secara berkala kepada seluruh anggota Kodim 0826 Pamekasan.

Ada tiga poin penjabaran narkoba, yang pertama narkoba dari sudut pandang Dokter pasti berdampak pada gangguan kesehatan bagi seorang pemakai yang menyebabkan kecanduan, kedua, dikaitkan dengan tugas pokok Kepolisian akan berdampak tindakan kriminalitas dan gangguan kamtibmas dan ketiga, bila dikaitkan dengan tugas pokok TNI maka sudah pasti akan berdampak pada stabilitas pertahanan negara.

Yang terakhir kami ucapan terimakasih dari tim BNK Pamekasan atas kehadiran dalam acara penyuluhan ini dan kami harapkan bisa memberikan pencerahan kepada seluruh anggota Kodim 0826 Pamekasan, untuk itu mari kita simak apa yang akan disampaikan, tujuannya satu yaitu agar kita bisa lebih hati – hati dan tidak terpengaruh pada jalan yang salah dan jalan yang dilarang oleh agama maupun aturan yang berlaku dalam negara kesatuan republik indonesia.

Sementara itu Rida Wati Sekertaris BNK Pamekasan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kodim 0826 Pamekasan yang telah berperan aktif dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba di Kabupaten Pamekasan

Kami mengharapkan kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan baik agar terus ditingkatkan dan bisa berkesinambungan serta berkelanjutan.

Insyaallah pada bulan desember nanti dari BNK Pamekasan akan mengakan program pelatihan sebagai motivator dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, peredaran gelap narkoba, dan kami berencana akan melibatkan para Danramil untuk menerima pembekalan pelatihan sebagai motivator pencegahan dan pemberantasan narkoba.

Dr. Kristianto dalam penyuluhannya menyampaikan tentang Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan, Narkoba sesedikit apapun penggunaannya, sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena penggunaan yang sedikit biasanya tidak akan bertahan lama. Secara umum, penyalahgunaan narkoba memberikan empat dampak bagi kesehatan, yaitu Dampak Depresan. Dampak yang menyebabkan pemakai tertidur atau tidak sadarkan diri. Dalam tahap ini, tidurnya pengguna narkoba tidak sama dengan tidur orang biasa. Tidurnya tidak berarti istirahat. Karena beberapa organ tubuh masih bekerja.

Dampak Halusinogen. Dampak ini menyebabkan pemakai narkoba berhalusinasi atau melihat sesuatu yang tidak ada. Halusinasi atau khayalan ini, bisa berupa sesuatu yang menakutkan baginya sehingga bisa berteriak-teriak histeris atau berupa sesuatu yang menyenangkan dan selama ini diinginkannya.

Dampak Stimulan. Dampak yang menyebabkan organ tubuh seperti jantung dan otak pengguna narkoba bekerja lebih cepat. Pada saat ini, orang tersebut akan merasa lebih bertenaga dan mempunyai energi tambahan untuk berpikir dan berkreasi. Dampak narkoba jenis ini biasanya digunakan oleh para pekerja kreatif, pebisnis, dan semua orang yang merasa bahwa dia hanya bisa berkarya jika di bawah pengaruh narkoba. Akibatnya, organ tubuh dan otak yang dipaksa bekerja terus menerus melebihi batas kemampuan akan rusak dan dapat mengakibatkan kematian.

Dampak adiktif. Pada dasarnya, semua jenis narkoba menyebabkan dampak ketagihan atau kecanduan. Dalam waktu lama si pemakai tidak mengkonsumsinya, maka tubuh akan merasa sakit. Bahkan, tubuh bisa menjadi kondisi kritis.

Baru-baru ini telah beredar Narkoba jenis flakka, informasi yang berkembang efek sampingnya membuat penggunanya berperilaku seperti zombie bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan meninggal dunia, untuk itu kami mengajak jangan sampai kita memiliki keinginan untuk mencoba-coba narkoba apapun jenisnya.

Selesai kegiatan penyuluhan, dilaksanakan tes urine kepada 100 orang anggota TNI dan ASN Kodim 0826 Pamekasan yang dipandu langsung tim dari BNK Pamekasan.

Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto dan Pasi Intel Kodim 0826 Kapten Inf Darminto mendampingi pelaksanaan tes urine anggota Kodim 0826 Pamekasan, hasil tes urine dari tim BNK Pamekasan bahwa semua negatif. Alhamdulillah berdasarkan hasil alat tes tidak menunjukkan yang menggunakan narkoba. (PENAWARTA.COM-1)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s