Pemkab Pamekasan Gelar Pawai Budaya Harjad Kabupaten Pamekasan


Pelepasan Pawai Budaya Oleh Forkopimda Pamekasan, Rabu (18/10/2017).

PENAWARTA.COM – Pamekasan, Hari Jadi Kabupaten Pamekasan ke 487, Pemkab setempat melalui Dinas Pariwisata dan Budaya (disparbud) menggelar pawai budaya, Rabu (18/10/2017).

Pagelaran pawai budaya itu diharapkan mampu meningkatkan ketahanan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten berslogan Gerbang salam.

“Saya berharap, pawai budaya ini mampu meningkatkan ketahanan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki oleh kabupaten Pamekasan,” kata Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asy’ari melalui Asisten, Nur Fadilah saat menyampaikan sambutan pelepasan para peserta pawai.

pawai budaya harjad Pamekasan ini sedikitnya, diikuti oleh 17 peserta, diantanya, Paguyuban kacong cebbhing dan ikatan putra-putri batik tingkat SMA/SMK sederajat, gabungan camat dan lurah se Kabupaten Pamekasan, sanggar tari dan budaya, sejumlah gabungan Dinas, Polres setempat, KPUD, gabungan bank dan musik daul.

Turut Hadir, sejumlah Forkopimda Pamekasan, Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf. Nuryanto, Ketua PN Pamekasan, Suradi, Kapolres Pamekasan, AKBP Nowo Hadi Nugroho, pimpinan OPD serta tamu undangan pada pawai budaya tahun ini.

Menurut Fadilah, keanekaragaman budaya, merupakan realitas yang tidak bisa diabaikan.

“Berbagai kearifan lokal tersebut, harus kita pelihara dan kita wariskan kepada anak cucu kita,” lanjutnya Fadilah.

Pemerintah kabupaten Pamekasan akan terus mendorong agar keanekaragaman budaya dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan sebagai salah satu identias agar semakin baik dan selaras dengan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Saya berharap, agar pawai budaya ini dapat kita tradisikan dan terus kita sempuranakan ditahun-tahun berikutnya. Sehingga dapat menjadi salah satu Icon wisata budaya khas Pamekasan,” imbunya.

“Semoga apa yang kita lakukan ini, dapat menumbuhkan semangat dan motivasi baru dalam upaya melestarikan dan mengembangkan budaya lokal ditengah derasnya arus budaya dan industrialisasi global,” katanya lagi.

Menurut Fadilah, kegiatan pawai budaya itu, dapat melahirkan ketahanan budaya, dan ketahanan ekonomi ditengah kompleknya pengaruh perkembangan budaya dan industri global yang tiada henti mengerus kearifan lokal yang dimiliki.

Fadilah mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan pawai budaya tahun ini, bahkan akan memperkuat komitmen pemerintah kabupaten Pamekasan dalam membangun sektor budaya.

“Saya sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan hari jadi Pamekasan, ini memperkuat komitmen pemkab Pamekasan dalam membangun sektor budaya di Pamekasan,” tandasnya. (PENAWARTA-03)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s