Satgas TMMD Suguhkan Permainan Matematika Bela Negara Untuk Pelajar

PENAWARTA.COM – Menjelang Upacara Penutupan Satgas TMMD Ke-99 di Lapangan Desa Bukek Satgas TMMD tidak ada henti-hentinya merangkul hati dan simpati Masyarakat terutama pelajar Sekolah Menengah Atas yaitu menggelar Lomba Matematika Bela Negara untuk pelajar yang merupakan Permainan interaktif Cinta Negara Bagi Generasi Muda terutama di kalangan pelajar, agar rasa bela negara dan cinta tanah air sudah mulai tumbuh sejak dini di lingkungan sekolah.

Permainan bela negara, mirip dengan permainan monopoli dan ular tangga, yang dapat dimainkan oleh 4 pemain. Namun yang membedakan dari permainan ini adalah ada unsur matematika, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dari hasil buah dadu yang dilemparkan.

Selain itu, para pemain juga harus menjawab pertanyaan seputar pengetahuan tentang bela negara, Nusantara, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila serta soal tentang sejarah perjuangan bangsa. Pemain baru bisa dinyatakan menang, apabila semua pertanyaan dapat dijawab dengan tepat dan benar.

Permainan ini diselenggarakan di Posko Satgas TMMD Ke-99 di Balai Desa Bukek yang diikuti oleh 32 Siswa yang sudah mengikuti seleksi di sekolah masing masing dari 8 Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pamekasan yang Berpartisipasi mengikuti Lomba Matematika Bela Negara. Para peserta Lomba mengikuti babak penyusihan, Semi final dan Grand Final. Permainan Interaktif Matematika Bela Negara ini dimenangkan oleh Siswi Jamiatus Sholehah sebagai Juara 1 dari SMA Islam Nurul Jadid Kecamatan Tlanakan sedangkan Juara 2 atas nama Musyarrofah Siswi SMA Maarif 1 Kecamatan Tlanakan dan Juara 3 atas nama Mudassir siswa Madrasah Aliyah Nurul Falah Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Hadiah Langsung diberikan Oleh Komandan Kodim 0826/Pamekasan Letnan Kolonel Inf Nuryanto.

Menurut instruktur permainan, Sertu Danil Yoseph yang merupakan anggota Kodim 0826/01 Kota Pamekasan selain dibutuhkan kecepatan dalam berpikir, pada permainan ini juga diuji kemampuan pemain dalam menguasai materi tentang bela negara, sejarah, dan hidup bertoleransi dengan masyarakat sekitar.

Diharapkan dengan permainan ini dapat menumbuhkan rasa Bela Negara, Patriotisme dan Cinta Tanah Air di kalangan generasi muda terutama para Pelajar agar dapat hidup berdampingan, sesuai norma yang berlaku sesuai Asas Pancasila serta Kebhineka Tunggal Ika-an, ditengah gencarnya budaya asing yang masuk ke Indonesia. (PENAWARTA.COM-1)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s