PWI Sosialisasikan Kode Etik Jurnalistik

oleh -

PWI-STAIN-PWI04Pamekasan (PWINews) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, mensosialisasikan kode etik jurnalistik kepada mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam STAIN Pamekasan, di Kantor PWI Jl Panglima Sudirman, Senin (30/5/2016) siang.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk inisiatif dari salah satu dosen pengampuh di kampus yang berencana berubah menjadi institut, guna memberikan pemahaman awal dalam dunia jurnalistik.

“Sosialisasi ini kita lakukan untuk memberikan pemahaman awal kepada mahasiswa untuk mengetahui gambaran tugas seorang jurnalis, tentunya dengan pemaparan seputar kode etik jurnalistik,” kata Ketua PWI Pamekasan, Abd Aziz.

PWI-STAIN-PW204Selain itu, pihaknya juga memberikan sejumlah masukan tentang teknis penulisan berita yang menjadi tugas seorang jurnalis. “Pada dasarnya menulis itu mudah, tetapi banyak hal yang memang harus sesuai dengan kaidah penulisan,” ungkapnya.

“Seperti menulis berita kejadian (peristiwa), itu jelas berbeda dengan menulis artikel. Demikian juga dengan teknis penulisan yang berhubungan dengan narasumber, juga harus ada pilah-pilih,” sambung wartawan LKBN Antara itu.

Sementara dosen pengampuh mata kuliah komunikasi penyiaran, M Faridi mengatakan, pihaknya sengaja mengajak mahasiswanya untuk bersentuhan langsung bersama pelaku media. Guna mendapatkan pemahaman lebih detail dan tidak hanya sebatas teori semata.

“Jadi kalau sudah pada ahlinya, kemungkinan besar akan memberikan dampak signifikan terhadap mahasiswa. Minimalnya mereka bisa memiliki gambaran seputar dunia jurnalistik,” kata Faridi.

Pihaknya berharap agar kegiatan tersebut bermanfaat bagi mahasiswa, sehingga mereka bisa membedakan macam-macam penulisan, termasuk karya jurnalistik. “Kegiatan ini kami harapkan bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa agar bisa mereka bisa lebih bijaksana dalam menilai pemberitaan,” harapnya. (Sumber: BeritaJatim.Com)