PWI Pamekasan Gelar Diklat Jurnalistik Pelajar

oleh -
Reporter Radio Karimata FM menyampaikan materi dasar-dasar jurnalistik radio dalam acara diklat jurnalistik di Kedai Sebelas 12, Selasa (26/4/2016)
Reporter Radio Karimata FM menyampaikan materi dasar-dasar jurnalistik radio dalam acara diklat jurnalistik di Kedai Sebelas 12, Selasa (26/4/2016)

PENAWARTA.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan menggelar Diklat Jurnalistik Pelajar di Kedai Kopi Sebelas 12, Jl Trunojoyo, Selasa (26/4/2016).

Kegiatan yang dijadwalkan digelar selama dua hari secara maraton hingga Rabu (27/4/2016) besok, hanya difokuskan bagi para pelajar di Bumi Gerbang Salam. Merupakan rangkaian dari program Hari Pers Nasional (HPN) 2016 dan Hari Ulang Tahun (HUT) PWI ke-70.

“Kita sengaja memperkenalkan dunia jurnalistik kepada para pelajar, sebagai orientasi dari program kami tentang melek media,” kata Ketua PWI Pamekasan, Abd Aziz.

Hal itu juga diharapkan bisa merangsang minat para pelajar, agar senantiasa termotivasi untuk selalu menulis. Sebab menulis juga bagian dari rangkaian jurnalistik. “Minimalnya mereka bisa mempublikasikan kegiatan di sekolah melalui media yang ada, baik melalui mading (majalah dinding) maupun blog atau website,” ungkapnya.

Dijelaskan, peranan media yang memberikan pengaruh besar bagi negara. Tentunya tidak lepas dari kegiatan menulis. “Jurnalis kerjaannya menulis, negara ini dikenal dunia karena tulisan,” jelasnya.

“Jadi kita berharap, nantinya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi para pelajar, khususnya para peserta yang mengikuti diklat jurnalistik ini. Sehingga mereka bisa mempraktikkan diri melalui pribadi maupun lembaga pendidikan,” harapnya.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan pelajar yang terdiri dari perwakilan sejumlah lembaga pendidikan tingkat SMA sederajat di Pamekasan. Mereka diberikan materi seputar dunia jurnalistik, khususnya memperkenalkan dunia jurnalistik.

Dari sejumlah materi yang disampaikan tersebut, masing-masing dasar-dasar jurnalistik radio, televisi, cetak dan online, teknik wawancara, teknis penulisan berita, mengenal dunia blog dan cara membuatnya, latihan liputan dan menulis berita. (Humas PWI Pamekasan)