PWI Ajak Pemkab Dukung Perusahaan Media Berbadan Hukum

oleh -
Acara malam resepsi Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di kantor PWI Jalan Panglima Sudirman Pamekasan, Madura.
Acara malam resepsi Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di kantor PWI Jalan Panglima Sudirman Pamekasan, Madura.

Pamekasan (PWINews) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan mengajak pemkab mendukung perusahaan media berbadan hukum, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers.

Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz mengatakan, ajakan terhadap pemkab dan semua institusi pemerintah untuk mendukung perusahaan media yang berbadan hukum resmi itu perlu disampaikan, mengingat banyaknya media, terutama online yang bermunculan akhir-akhir ini, tanpa badan hukum yang resmi.

“Kami berpendapat, bahwa mendukung media yang tidak berbadan hukum resmi, sama halnya mendukung sesuatu yang ilegal,” kata Aziz dalam keterangan persnya di kantor PWI Jalan Panglima Sudirman Nomor 4 Pamekasan, Minggu (10/4/2016).

Pewarta Perum LKBN Antara wilayah Madura ini menjelaskan, belum lama ini, PWI telah menyampaikan surat ke Pemkab Pamekasan tentang ketentuan perusahaan media sebagaimana tertuang dalam surat edaran Dewan Pers tentang Standar Perusahaan Media.

Hanya saja, sambung dia, PWI secara kelembagaan perlu kembali mengingatkan, karena akhir-akhir ini banyak tumbuh media-media lokal yang mengatas namakan media, memuat berita seperti media, akan tetapi tanpa badan hukum yang jelas.

Pemkab dan institusi pemerintah, diharapkan tidak memberi ruang pada media seperti itu, karena menerima media yang tidak berbadan hukum resmi, menurutnya sama dengan melegalkan sesuatu yang ilegal.

“Ini penting, karena media ilegal atau yang tidak berbadan hukum resmi ini bisa tumbuh, karena disatu sisi memang diberi ruang,” katanya.

Saat ini, katanya, PWI mulai gencar melakukan sosialisasi tentang ketentuan perusahaan media dan standar perusahaan media sesuai dengan ketentuan Dewan Pers ke berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Pamekasan. (Humas PWI Pamekasan)