PWI Gelar Anugerah Jurnalistik Prapanca 2016

oleh -

HPN-Ketua-PWIPamekasan (PWINews) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur menggelar anugerah jurnalistik Piala Prapanca Tahun 2016 dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus HUT Ke-70 PWI.

Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz menjelaskan, anugerah jurnalis Piala Prapanca merupakan kegiatan rutin tahunan PWI, sekaligus ajang untuk menunjukkan karya jurnalistiknya.

“Kami harap wartawan di Pamekasan bisa ikut serta dalam ajang lomba karya jurnalistik ini untuk meramaiman momentum ini,” katanya dalam keterangan persnya yang disampaikan di Kantor PWI di Jalan Panglima Sudirman Nomo 4 Pamekasan, Minggu (14/2/2016) malam.

Peserta lomba karya tulis Prapanca kali ini tidak hanya untuk wartawan yang tergabung dalam PWI, melainkan juga bagi wartawan yang non-PWI.

Hanya saja, sambung Aziz, wartawan yang bisa ikut hanyalah wartawan yang bekerja di media yang telah memiliki badan hukum sesuai yang disyaratkan oleh Dewan Pers.

Karya jurnalistik yang kali ini dilombakan meliputi karya tulis, karya foto, karya siar televisi dan karya siar radio. Secara teknis, karya yang diikutkan haruslah yang sudah dimuat di medianya masing-masing pada periode 1 Januari-31 Desember 2015.

Peserta juga bisa atasnama perorangan maupun tim. Sedangkan karya yang diikutkan dalam lomba ini maksimal 3 judul. Sementara karya bisa dikirimkan langsung ke Kantor PWI Jawa Timur yang ada di Jl Taman Apsari 15-17 Surabaya paling lambat 29 Februari 2016.

Pada lomba Piala Prapanca tahun ini, panitia menyediakan hadiah uang masing-masing Rp10 juta untuk pemenang lomba Karya Tulis, Karya Foto, Karya Jurnalistik Televisi dan Karya Jurnalistik Radio terbaik. Pemenang juga akan mendapatkan Piala Bergilir Prapanca, piala tetap, dan piagam penghargaan.

Sedangkan bagi para nominatornya, yaitu 3 nominator dari masing-masing karya akan menerima piagam penghargaan dan uang Rp2.000.000. Pengumuman dan penerimaan hadiah akan dilakukan berbarengan pada acara resepsi peringatan Hari Pers Nasional 2016 tingkat Jawa Timur.

PWI merupakan satu dari tiga organisasi profesi wartawan yang diakui oleh Dewan Pers. Dua organisasi profesi wartawan lainnya ialah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI). (Rilis/PWI)