PWI Pamekasan Bekali TNI Wawasan Jurnalistik

oleh -

PWI-KODIM-AntPENAWARTA.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan memberikan pembekalan kepada sekitar 30 orang prajurit TNI dari Kodim 0826 Pamekasan tentang wawasan jurnalistik, Kamis (14/1/2016).

Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz dan Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Anggota Achmad Soleh menjadi narasumber dalam kegiatan yang digelar di aula Makodim di Jalan Letnan Maksum, Nomor 12 Pamekasan itu.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman menulis berita kepada para Babinsa, sehingga lebih mudah dalam merilis kegiatan-kegiatan yang ada di masing-masing koramil,” kata Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Arm Mawardi.

Abd Aziz menyampaikan materi tentang teknik membuat rilis berita dengan judul makalah “Jurnalistik dan Pers, Kiat Meningkatkan Komunikasi Publik Melalui Media Massa”, sedangkan Achmad Soleh tentang teknik pengambilan gambar vedio.

Sebelum menyampaikan materi, Ketua PWI Pamekasan ini terlebih dahulu menjelaskan tentang dasar hukum pentingnya badan publik atau instansi pemerintah merilis berbagai jenis kegiatannya.

Menurut Aziz, ketentuan itu, telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14  Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Salah satunya menyebutkan, tentang pentingnya mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Ini tertuang dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” katanya.

Ketentuan ini, sambung pewarta Perum LKBN Antara wilayah Madura ini, diperkuat lagi dengan Instruksi Presiden (Impres) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

Salah satunya menurut dia, pentinga badan publik atau institusi negara menyampaikan setiap kebijakan dan program pemerintah secara lintas sektoral dan lintas daerah kepada publik secara cepat dan tepat.

“Nah, penyampaian kebijakan secara cepat dan tepat atau sesuai keinginan ini bisa tercapai, apabila bisa disampaikan dalam bentuk naskah tunggal, atau yang disebut dengan rilis itu,” katanya menambahkan.

Selain PWI, hadir juga sebagai pemateri dalam acara pembekalan wawasan jurnalistik kepada 30 perseonel anggota TNI dari 13 kecamatan itu, Bidang Penerangan Korem 084/Bhaskara Jaya, Lettu CHB (K) Sri Waluyo Jati.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan agar prajurit TNI proaktif dalam hal pemberitaan, terutama terkait dengan berbagai jenis kegiatan sosial di masyarakat.

“Jadi kami minta agar para anggota untuk melaporkan secara detail terkait sejumlah kegiatan ataupun kejadian-kejadian sosial yang ada di masing-masing koramil,” katanya. (PWI/Rilis)