Mantan Menteri Agama Sudan Hadiri Seminar STAIN

oleh -

SUDAN-STAIN-PWPENAWARTA.COM, Mantan Menteri Agama Sudan Dr Muhammad Musthofa Al-Yaquti menghadiri seminar internasional yang digelar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (2/1/2015).

Seminar Internasional oleh Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) STAIN Pamekasan ini bertema: “Pengalaman Republik Sudan dalam Mengajarkan Bahasa Arab terhadap Penutur Non Arab” disampaikan dengan Berbahasa Arab karena pesertanya adalah mahasiswa Prodi Bahasa Arab.

Negara Sudan sendiri sebagai salah satu negara Arab yang berkedudukan di Benua Afrika ini memang telah lama membuka pendidikan Bahasa Arab bagi non-Arab, terutama di beberapa Perguruan Tinggi terkemuka, seperti Universitas Afrika Internasional, Universitas Umdarman dan Universitas Ulumul Qur’an yang berkedudukan di Khartoum.

Mantan Menteri yang juga seorang Mursyid Thoriqah bahkan mengajak STAIN Pamekasan untuk bekerja sama secara langsung beberapa Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan pengajaran Bahasa Arab. “Dan kami siap membantu,” katanya.

Lebih jauh narasumber asal Afrika ini menjabarkan bahwa Bahasa Arab yang telah diakui dunia sebagai bahasa Internasional.

“Bahasa Arab memiliki banyak keistimewaan sehingga siapapun layak untuk mempelajarinya,” katanya.

Ia menyebutkan ada beberapa aspek tentang Bahasa Arab. Antara lain aspek humanitas, objektivitas dan Internasional.

Penjabaran masing-masing aspek ini diperdalam dalam sesi dialog yang bertempat di gedung Multicenter lantai II itu.

Kegiatan ilmiah ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen ini memenuhi ruangan. Karena Panitia hanya menyiapkan kursi sebanyak 150 dan ternyata peserta yang hadir melebihi kapasitas maka peserta sebagian terpaksa duduk di lantai demi mendengarkan penyampaian sang menteri ini.

ketua Panitia Bapak Abdul Ghofur, M Pd mengaku, tidak menyangka respon mahasiswa sangat bagus, karena kegiatan digelar di hari libur.

Di penghujung acara Ketua STAIN Pamekasan Dr H Taufiqurrahman, M.Pd memberikan cindramata. Sementara beliau memberikan ijazah sanad thoriqah khalwatiyah sammaniyah kepada seluruh peserta. (Rilis/STAIN/ Sukma Umbara Tirta Firdaus)