Dua Pengurus PWI Pimpin Paguyuban Wartawan Pamekasan

oleh -

LAMBANG-PWIPENAWARTA.COM – Dua orang pengurus organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, Madura, memimpin paguyuban wartawan lokal Pamekasan, yakni pada Forum Wartawan Pamekasan (FWP) dan Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP).

Kedua pengurus PWI Pamekasan itu, masing-masing Wakil Ketua Bidang Organisasi Samsuddin, wartawan Koran Harian Bhirawa dan Sekretaris PWI Pamekasan Esa Arif AS, Direktur MediaMadura.Com.

Samsuddin terpilih sebagai Ketua FWP dalam musyawarah kerja paguyuban insan pers itu, sedangkan Esa Arif AS terpiliha pada Kongres AJP di Batu, Jawa Timur.

Esa terpilih sebagai ketua paguyuban wartawan lokal Pamekasan itu, setelah meraih dukungan suara terbanyak yakni 17 suara, mengalahkan pesaingnya Taufikurrahman (Radio Ralita FM) yang hanya meraih dukungan 9 suara.

Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz menyatakan, PWI memperbolehkan anggotanya bergabung dengan paguyuban lokal, karena sifatnya hanya perkumpulan, dan tidak termasuk organisasi profesi sejenis dengan PWI.

“Sesuai dengan hasil koordinasi dengan PWI Jatim, itu tidak masalah, toh hanya perkumpulan semata, dan tidak berbadan hukum, seperti organisasi resmi profesi wartawan yang diakui oleh Dewan Pers,” kata Abd Aziz dalam keterangan persnya di kantor PWI Jalan Panglima Sudirman Nomor 4 Pamekasan, Senin (4/1/2016) malam.

Disamping itu, dengan adanya pengurus PWI yang tergabung dalam paguyuban wartawan lokal Pamekasan, PWI bisa menyampaikan sosialisasi banyak hal terkait dengan pers. Terutama pentingnya uji kompetensi wartawan.

Aziz menuturkan, pada saatnya nanti, pemerintah akan memberlakukan kebijakan, bahwa nara sumber berhak menolak diwawancarai wartawan yang tidak menyandang status kompeten.

“Ini yang disampaikan oleh Dewan Pers yang disampaikan kepada wartawan dalam beberapa kali kesempatan UKW,” katanya.

Ia menjelaskan, di Pamekasan wartawan yang lulus uji kompetensi yang digelar oleh Dewan Pers baru sebanyak 21 orang, dari sekitar 80-an wartawan yang terdata di Bagian Humas dan Keprotokoleran Pemkab Pamekasan. Semuanya merupakan anggota PWI Pamekasan. (PWINews/Rilis)