Santri Bata-bata Pamekasan Gelar Diklat Jurnalistik

oleh -

DIKLAT-BATA-BATA-PWIPamekasan (PWINews) – Puluhan santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (MUBA), mengikuti sekolah jurnalistik yang digelar oleh pengurus di aula pesantren, Jumat hingga Sabtu (6-7/11/2015).

Kegiatan yang menyajikan 7 materi jurnalistik tersebut, digelar untuk memberikan pemahaman dunia pers bagi para santri. Sebab selama ini, sekalipun dalam lingkup pesantren.

Banyak santri yang berhasil mempublikasikan hasil karya mereka, seperti mencetak buku, tabloid dan sejumlah karya tulis lainnya.

“Kegiatan ini sengaja kami gelar untuk memberikan pemahaman jurnalistik kepada peserta, agar mereka memahami hal-hal yang berhubungan dengan dengan dunia jurnalistik,” kata Haris Billah, salah satu panitia Sekolah Jurnalistik seperti di lansir beritajatim.com.

Puluhan santri yang berpartisipasi sebagai peserta pada kegitan itu, merupakan hasil seleksi dari ratusan santri yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan jurnalistik.

“Peserta yang kita seleksi sebanyak 50 orang, terdiri dari siswa MTs dan MA (Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah),” ungkapnya.

“Selain itu kami juga membatasi peserta, minimal kelas II MTs dan maksimal kelas II MA. Bahkan ada sekitar 7 peserta yang didiskualifikasi, karena mereka kelas III MA,” sambungnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dari hasil sekolah jurnalistik itu. Nantinya peserta yang dinyatakan layak akan ditempatkan di berbagai bidang media informasi di lingkungan pesantren.

“Setelah uji kemampuan menulis, nanti peserta yang selesai mengikuti acara akan ditempatkan di majalah new fatwa, mading pesantren dan lainnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, dari 7 materi yang disajikan pada kegiatan tersebut. Masing-masing materi dasar-dasar jurnalistik, mengenal peliputan televisi, mengenal pemberitaan media online, teknik penulisan berita, teknik wawancara, rancangan layout hingga kode etik jurnalistik.

Dua diantara pemateri dalam kegiatan SKJ itu adalah pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, yakni Wakil Sekretaris Bidang Organisasi Samsul Arifin dari media BeritaJatim.Com, dan Seksi Pengembangan Sumber Daya Anggota Moh Ali Muhsin dari media Koran Harian Radar Madura. (Rilis)