PWI Pamekasan Paparkan Program Kerja 2015

oleh -

Rakor-PWI-Jatim-logoPamekasan (PWINews) – Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz memaparkan program kerja organisasi itu dalam rakar koordinasi yang digelar PWI Jatim di hotel Inna Simpang, Surabaya pada 19 September 2015.

“Ada beberapa program kerja yang hendak kami canangkan pada semester kedua 2015 ini,” kata Abd Aziz.

Pertama, kata dia, PWI akan menekankan pada upaya penguatan wawasan internal anggota, seperti seminar, diskusi serta memperkuat kemitraan organisasi itu dengan sejumlah institusi yang bisa mendukung pada peningkatan wawasan jurnalistik.

PWI Pamekasan juga akan proaktif mengirim anggotanya untuk mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) dengan harapan hingga akhir periode kepengurusan, semua anggota PWI Pamekasan sudah lulus uji kompetensi.

“Kami memang menyadari betul bahwa wartawan kompeten dan memiliki komitmen menata bangsa ini kearah yang lebih baik merupakan sebuah keniscayaan,” katanya.

Perwarta Perum LKBN Antara ini menjelaskan, dari 15 wartawan yang bergubung dengan PWI Pamekasan, sebanyak sembilan diantaranya telah lulus uji kompetensi.

Mereka itu masing-masing Muchsin wartawan Koran Harian Surya, Ahmad Soleh wartawan JTV (Jawa Pos Group), Rafiqi Tanzil (Radio Karimata FM), Lutfi (Radio Madura FM), Samsul Arifin (BeritaJatim.Com), Esa Arif AS (MediaMadura.Com), dan Moh Ali MUhsin wartawan Koran Harian Radar Madura (Jawa Pos Group) dan Dedy Priyanto kontributor RCTI dan Abd Aziz wartawan Perum LKBN Antara.

Dengan demikian, maka anggota PWI Pamekasan yang belum mengikuti uji kompetensi saat ini tinggal enam orang.

Oleh karenanya, sambung Aziz, PWI Pamekasan akan terus mengirim anggotanya, apabila PWI Jawa Timur hendak melakukan uji kompetensi, sehingga semua anggota PWI bisa menyandang status kompeten.

Dalam kesempatan itu, Aziz juga menjelaskan, bahwa organisasi yang dipimpinnya telah menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi negeri di Pamekasan, sebagai upaya untuk mengasah wawasan jurnalis yang tergabung dalam organisasi PWI.

Kemitraan dengan perguruan tinggi, yakni STAIN Pamekasan yang ditanda tangani pada acara pelantikan pengurus PWI Pamekasan 2015-2018 juga dimaksudkan untuk mendorong peran aktif Perguruan Tinggi untuk mendapatkan akses media, disamping sebagai upaya memperluas jangkauan pendidikan, kepada masyarakat luas.

Di bidang pemerintahan, PWI Pamekasan juga sering memberikan masukan dan sosialisasi kepada pemerintah terkait ketentuan pers, standar perusahaan pers dan sumbang saran berupa pemikiran atau kesimpulan dari dialog atau diskusi yang sering digelar organisasi itu bersama ormas lain di Pamekasan. (*)