Citra Pendidikan Islam Harus Ditingkatkan

oleh -

STAIN-PWINEWSPamekasan (PWINews) – Citra lembaga pendidikan dan perguruan tinggi Islam harus ditingkatkan, karena lembaga pendidikan bisa diibaratkan sebagai penyedia produk atau jasa, kata pakar komunikasi publik Dr Santi Isnaini, S.Sos, MM.

“Ini penting sebagai bagian dari dinamisasi kampus yang mempunyai daya saing tinggi di era sekarang ini,” kata Santi, sebagaimana rilis yang disampaikan panitia seminar nasional bertema “Strategi Penguatan Institusi Kampus Melalui Public Relation” yang digelar kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan kepada Antara, Jumat.

Dosen Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Airlangga Surabaya mengatakan, sebagai penyedia jasa, tentu masyarakat menginginkan produk yang baik, pelayanan yang cepat, ramah, terbuka, aman, nyaman dan berkualitas, tepat waktu seiring dengan biaya yang di keluarkan oleh setiap pengguna jasa dalam hal ini mahasiswa.

Oleh karena itu, semua komponen kampus harus bersatu dan bekerja sama dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penggunanya. “Baik itu pejabat struktural, dosen dan karyawan,” katanya.

Harus diingat, sambung dia, bahwa kampus ada, karena masyarakat. Hal itu berarti, posisi kampus sangat berarti karena masyarakat menghargai dan mempercayai.

“Jangan sampai, institusi kampus terlambat dalam mengatisipasi perubahan yang berkembang dengan pesat,” katanya.

STAIN Pamekasan sebagai institusi kampus negeri di Pulau Madura, harus cepat meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia para pembuat kebijakan, dosen dan karyawannya agar citra lembaga baik di mata masyarakat.

Ketua STAIN Pamekasan Dr Taufiqurrahman, M.Pd dalam pembukaan acara itu mengatakan, sudah saatnya STAIN Pamekasan menjadi salah satu barometer pendidikan dan riset yang mempunyai citra baik di Indonesia, khususnya di Pulau Madura.

Sebab, menurut dia, akses mendapatkan informasi pendidikan saat ini berbeda dari tahun-tahun era 1980-2000 an.

“Saat ini mendapatkan informasi sangat mudah demikian juga untuk melihat citra sebuah institusi dapat dilihat dengan cepat di media,” katanya. (Sumber: AntaraJatim.Com)