PWI Pamekasan Periode 2015-2018 Dilantik

oleh -
Ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir melantik pengurus PWI Pamekasan periode 2015-2018 di ruang pertemuan Multi Centre STAIN Pamekasan, Senin (31/8/2015). (Foto: Surya.co.id)
Ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir melantik pengurus PWI Pamekasan periode 2015-2018 di ruang pertemuan Multi Centre STAIN Pamekasan, Senin (31/8/2015). (Foto: Surya.co.id)

Pamekasan (PWINews) – Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, periode 2015 – 2018 kini terbentuk dan dilantik.

Pelantikan ketua dan pengurus PWI Pamekasan ini dilakukan Ketua PWI Jatim, H Akhmad Munir, di gedung Multi Center Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Senin (31/8/2015).

Dalam pelantikan ini dihadiri Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asy’ari beserta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), DPRD Pamekasan, Ketua STAIN Pamekasan, Kepala SKPD, Keua Partai Politik, ormas dan organisasi kemahasiswaan.

Usai melantik, Akhmad Munir mengatakan, sebelumnya PWI Kabupaten Pamekasan masih berupa kepengurusan persiapan. Namun mulai hari ini ditetapkan menjadi kepengurusan penuh PWI Kabupaten Pamekasan.

“Kami berharap kepengurusan PWI Kabupaten Pamekasan ini mampu menjalankan roda organisasi dengan baik dan terus menjalankan tugasnya secara rofesional sesuai kode etik jurnalis. Jangan sampai membela kepentingan seseorang atau kelompok, tapi hendaknya membela kepentingan publik,” kata Munir.

Dikatakan, PWI merupakan organisasi tertua di jaman orde baru dan saat itu PWI merupakan satu-satunya organisasi kewartawan diakui Pemerintah. Dan di era reformasi ini, banyak bermunculan organisasi kewartawan, namun Dewan Pers hanya mengakui dan menetapkan tiga organisasi kewartawan yakni PWI, AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan IJTI (Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia).

Dijelaskan, untuk meningkatkan profesionalisme wartawan Indonesia, Dewan Pers mengagretasi tiga organisasi kewartawan itu, termasuk PWI untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Ditegaskan, wartawan yang bisa mengikuti uji kompetensi, yakni wartawan bertugas di media memiliki badan hukum (Perseroan Terbatas) dan punya integritas yang baik.

Dijelaskan, untuk menjadi wartawan yang ideal cukup sulit. Tapi kami berharap wartawan di Pamekasan mampu menjaga marwah dan martabat wartawan. Sebab wartawan mudah disusupi orang yang tidak semestinya, tetapi selalu mengaku wartawan dengan hanya berbekal kartu pers.

“Ada tukang parkir ngaku wartawan. Bahkan tukang becakpun mengaku wartawan. Ini yang merusak citra wartawan,” kata Akhmad Munir.

Ketua PWI Kabupaten Pamekasan, Abdul Aziz, mengatakan, PWI di Pamekasan lebih bersifat untuk memayungi seluruh wartawan dan terus mendorong agar profesionalisme wartawan meningkat.

“Kami akan berusaha bagaimana organisasi ini berjalan baik. Dan amanan ini kami jalankan sesuai kode etik dan mengajak seluruh anggota bersama-sama untuk memajukan PWI,” ujar Abd Aziz.

Wakil Bupati Pamekasan, Khalil Asy’ari, menyatakan gembira atas dikukuhkan dan dilantiknya kepengurusan PWI Kabupaten Pamekasan. Harapannya, semoga bisa menjaga amanah dapat memberi warna dalam berbagai pembangunan di Pamekasan.

PWI-PAMEKASAN-2015-2018Susunan Pengurus
Pengurus PWI Cabang Pamekasan yang dilantik, Senin (31/8/2015) itu meliputi:

KETUA : ABD AZIZ (LKBN Antara)

Wakil Ketua Bidang Organisasi: Syamsuddin (Koran Harian Bhirawa)
Wakil Ketua Bidang Pendidikan & Pembelaan Wartawan: Muchsin (Koran Harian Surya)
Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan: Ach Soleh (JTV/Jawa Pos Group)

SEKRETARIS : ESA ARIF AS (MediaMadura.Com)

Wakil Sekretaris Bidang Organisasi: Samsul Arifin (BeritaJatim.Com)
Wakil Sekretaris Bidang Pendidikan & Pemb. Wartawan: Lutfi (Radio Madura FM)
Wakil Sekretaris Bidang Kesejahteraan: Rafiqi Tanziel (Radio Karimata FM)

BENDAHARA : SUHIL QODRI (Radio Karimata FM)

SEKSI-SEKSI
Program, Kerja & Advokasi: Dedy Priyanto (RCTI)
Pengembangan Sumber Daya Anggota : Moh Ali Muhsin (Koran Harian Radar Madura)
Hubungan Antarlembaga: Moh Mokri (MediaMadura.Com)
Pendidikan & Pelatihan (Diklat) : Hairul Anam (Koran Harian Kabar Madura)
Pariwisata & Ekonomi Kreatif: Marzuky (PortalMadura.Com)
Pemuda & Olahraga: Zainol Atikurrahman (MediaMadura.Com) (*)