PWI Pamekasan Dorong Wartawan Ikuti Lomba Jurnalistik TMMD

by -

LOMBA-JURNALISTIK-okPamekasan – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, mendorong wartawan di wilayah itu untuk berpartisipasi mengikuti lomba jurnalistik tentang program TNI Manunggul Membangun Desa (TMMD) yang digelar oleh TNI AD.

Menurut Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz, peran aktif jurnalis sangat dibutuhkan sebagai bukti nyata, serta wujud pengabdian insan pers kepada bangsa ini.

“Lomba karya jurnalistik TMMD ke-94 ini kan dimaksudkan agar nilai-nilai gotong royong tetap terjaga dan oleh karena itu, perlu digaungkan melalui bentuk tulisan dan berita di berbagai media,” katanya, Minggu (17/5/2015).

Berperan aktif mengikuti lomba karya jurnalistik TMMD ini, sama halnya dengan mengupayakan, dan melestarikan nilai-nilai gotong royong itu sendiri, serta sebagai bakti nyata pada bangsa dan negara.

“Hanya bentuk kegiatan yang kita lakukan berbeda dengan TNI. Kalau TNI dengan cara bekerja secara langsung membantu masyarakat, kita, sebagai insan pers menyiarkan ke media-media dimana kita bekerja,” katanya.

Pewarta Perum LKBN Antara wilayah Madura ini lebih lanjut mengingatkan, bahwa pers memiliki peran penting dalam mewujudkan dan melestarikan nilai-nilai budaya bangsa, mempererat hubungan antarkelompok masyarakat, serta memperkuat kesatuan dan persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pers kata dia, merupakan pilar demokrasi, dan merupakan mitra pemerintah. Pers sehat yang berorientasi pada kemajuan dan nilai-nilai etika, akan mendorong terwujudkan tata kelola pemerintah yang sehat dan kuat pula.

“Makanya, kami mengajak kepada teman-teman wartawan agar bisa memanfaatkan kesempatan baik ini, untuk proaktif mengikuti lomba karya jurnalistik TMMD ini, dan saya kira ini juga bagian dari ikhtiar dalam menyampaikan kebaikan (amar makruf) bagi masyarakat luas,” katanya.

Ia menjelaskan, di Pamekasan, jumlah wartawan yang terdaftar dan mendaftarkan diri ke Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Pamekasan sekitar 80 orang lebih.

Jika satu wartawan mengikuti lomba berita satu saja, maka akan terkumpul sebanyak 80 berita atau tulisan.

Lomba karya jurnalistik TMMD yang digelar oleh TNI AD ini dua tahap sesuai dengan pelaksanaan kegiatan TMMD.

Tahap pertama, mulai awal April 2015 (Pada Rakornis TMMD ke 94 TA 2015). Penilaian lomba dimulai pada awal bulan April s.d. awal bulan Juli 2015. Penyerahan hadiah lomba dilaksanakan pada bulan September 2015 saat pelaksanaan Rakornis TMMD ke 95 TA 2015 oleh Kasad.

Tahap II, Pembukaan lomba pada awal bulan September 2015 (Pada Rakornis TMMD ke 95 TA 2015). Penilaian Lomba dimulai pada awal bulan September s.d. akhir bulan November 2015. Penyerahan hadiah lomba dilaksanakan pada bulan Desember 2015 saat pelaksanaan Rapat Paripurna TMMD ke 36 TA 2015 oleh Panglima TNI/Kasad.

Batas waktu pengiriman untuk tahap pertama, mulai pelaksanaan TMMD pada awal bulan April 2015 hingga akhir bulan Juli 2015.

Tahap dua, mulai pelaksanaan TMMD pada bulan September hingga akhir bulan November 2015.

Adapun ketentuan, meliputi, hasil karya jurnalistik yang sudah dimuat di media massa baik televisi, cetak dan online (bukan blog pribadi) dikirim melalui Kodim setempat atau dapat dikirim langsung ke koordinator lomba jurnalistik TMMD, dengan disertakan nama/alamat/media dan Nomor HP Peserta ke alamat Dispenad-Mabesad Jl. Veteran No. 5 Jakarta Pusat dengan no telp. (021) 3456838 (Staf Penum), email penum51@gmail.com, Fax (021) 3848300, dalam bentuk hard copy (DVD, kliping dan untuk online disertakan Link media yang memuat).

Tema tulisan atau berita lomba karya jurnalistik TMMD itu, pertama, “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Guna Memperkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat” dan kedua, “Membangkitkan Semangat Gotong Royong Guna Memperkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat”. (*)