PWI Sampaikan Hasil Dialog ke Pemkab Pamekasan

oleh -

PWI TEMBAKAUPamekasan (PWINews) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, menyampaikan semua hasil dialog yang digelar organisasi itu ke Pemkab Pamekasan sebagai bentuk sumbang pemikiran dan gagasan yang diperoleh dari kegiatan dialog rutin itu.

Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz menyatakan, pihaknya merasa perlu untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran berdasarkan hasil dialog rutin itu, dengan berbagai pertimbangan. Disamping sebagai sumbang saran, pokok-pokok yang terungkap dalam forum dialog itu sudah memenuhi kriteria ilmiah karena berdasarkan kajian empiris dan melibatkan unsur akademik.

“Pemateri yang kami undang berbicara dalam forum dialog itu juga merupakan pemetari yang memang kompeten di bidangnya. Kan tidak salah jika hasil dari dialog itu kita berikan sebagai sumbang gagasan untuk kepentingan masyarakat Pamekasan tentunya,” kata Aziz.

Pewarta Perum LKBN Antara ini lebih lanjut menjelaskan, dalam setiap dialog yang digelar PWI Pamekasan itu, pihaknya mencatat semua pembicaraan yang disampaikan dalam forum itu, baik dari masing-masing nara sumber maupun audien yang bertanya pada nara sumber di dalam forum dialog tersebut.

Langkah itu dimaksudkan, agar, perjalanan dialog bisa terekam, dan tidak ada yang terlewati. Rekaman pembicaraan itu selanjutnya dipublikasikan situs resmi PWI Pamekasan, yakni www.pwipamekasan.com dengan harapan bisa diakses semua pihak.

“Kenapa kami lakukan seperti itu, agar apa yang kita lakukan ini jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu, yang tidak bisa hadir dalam dialog bisa mengakses isi dialog yang kita gelar,” katanya.

Selanjutnya, kata dia, pengurus PWI merangkum pokok-pokok pikiran yang terungkap dalam forum dialog tersebut, baik berupa gagasan, kritik, ataupun harapan. “Nah pokok-pokok pikiran berupa gagasan, kritik, dan harapan ini yang kita sampaikan ke pemkab,” katanya.

Dialog rutin PWI Pamekasan ini terselenggaran berkat kerja sama organisasi itu dengan Komunitas Kedai Kopi dan Baca Sebelas 12 Pamekasan setiap dua minggu sekali ini dengan topik bahasan aktual.

Hingga saat ini, PWI Pamekasan telah menggelar dua kali dialog yang pertama tentang “Ekonomi” dan yang kedua tentang “Tata Niaga Tembakau”.

Dialog tentang Tata Niaga Tembakau digelar tanggal 13 Agustus 2014 dengan tema “Mengawal Tata Niaga Tembakau Pamekasan”, sedangkan dialog ekonomi digelar pada tanggal 6 Agustus 2014 dengan tema “Menggairakan Perekonomian Pamekasan”.

Pemateri yang hadir dalam dialog Tata Niaga Tembakau itu empat orang. masing-masing Sekda Pamekasan Dr Alwi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bambang Edy Suprapto, Ketua Komisi B DPRD Pamekasan Hosnan Achmadi dan Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Madura Dr Taufiq Hidayat.

Sekda Alwi membahas tentang  “Kebijakan Pemkab Daerah dalam Mengawal Tata Niaga Tembakau”, Kepala Disperindag membahas tentang “Teknik Pelaksanaan Tata Niaga Tembakau”, Hosnan Achmadi tentang “Regulasi Tata Niaga Tembakau” dan Dosen FIA Unira Dr Taufiq Hidayat tentang “Bisnis Tembakau”.

Pada dialog Ekonomi, PWI Pamekasan mengundang tiga orang pembicara, yakni Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pamekasan Suhartono, Wakil Ketua DPRD Pamekasan M Suli Faris, dan tokoh muda Pamekasan Agus Sujarwadi.

Ketua Kadin Suhartono memeparkan tentang “Kondisi Ekonomi Mikro Pamekasan Saat Ini”, Suli Faris tentang “Regulasi Investasi dan Usaha Mikro”, sedangkan Agus Sujarwadi selaku perwakilan tokoh muda Pamekasan membahas tentang “Kebijakan Politik Lokal Dalam Berupaya Mewujudkan Iklim Usaha Yang Kompetitif”. (Tim Media PWI Pamekasan)