Lima Anggota PWI Madura Ikuti UKW di Banyuangi

oleh -

UKW BANYUANGIPENAWARTA.COM – Lima wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep dan Pamekasan, Madura, mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar PWI Jatim di Banyuangi Jawa Timur.

Kelima wartawan yang mengikuti UKW itu masing-masing, Fathor Rahman (wartawan Kabar Madura), Roni Hartono (Reporter JTV), Faisal Warid (Reporter RRI Sumenep), Syamsul Arifin (wartawan Harian Bhirawa) dan MUchsin (wartawan Koran Harian Surya Pamekasan).

Ketua PWI Sumenep Ach Rifai mengatakan, uji kompetensi itu itu dimaksudkan untuk menguji tingkat profesionalisme wartawan dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik di lapangan. Para penguji dari kelompok profesional dan akademisi yang telah berpengalaman dan memiliki kemampuan yang akademik yang bisa dipertanggung jawabkan.

“Kami berharap mereka yang kini ikut uji kompetensi mampu meraih gelar kompeten dan layak menyandang wartawan profesional,” katanya.

Uji kompetensi wartawan yang digelar oleh Pengurus Provinsi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim itu selama tiga hari, yakni mulai tanggal 9 hingga 11 Mei 2014. Dalam UKW itu diikuti oleh 76 peserta dari kabupaten Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Sumenep, Madura.

Kegiatan UKW di Banyuwangi merupakan angkatan VIII yang digelar pengurus PWI Jatim atau keempat di luar Kota Surabaya. Kegiatan serupa pernah digelar di  Kabupaten Gresik, Kota Malang, dan Kabupaten Tuban.

Peningkatan profesionalisme, kapasitas, dan kompetensi wartawan itu perlu dilakukan di era keterbukaan dan demokratisasi karena pers menjadi instrumen penting dalam konsolidasi dan penguatan demokratisasi dan mendorong akselerasi pembangunan, khususnya di bidang ekonomi.

UKW tidak hanya diikuti wartawan yang bertugas di Jatim, tetapi juga diikuti seorang wartawan dari Provinsi Papua. Jumlah peserta yang ikut kali ini merupakan terbanyak dibanding tujuh angkatan lainnya.

Sebelumnya sebanyak 12 wartawan anggota PWI di Madura, yakni Sumenep, Bangkalan dan Pamekasan juga telah mengikuti UKW yang digelar di Gresik, Jawa Timur dan mereka berhasil lulus dalam ujian itu.

Ke-12 wartawan anggota PWI itu masing-masing masing-masing wartawan LKBN Antara wilayah Madura Abd Aziz, Reporter JTV Ach Sholeh, dan Syamsul Arifin reporter beritajatim.com. Semuanya dari Kabupaten Pamekasan.

Sedangkan dari Kabupaten Sumenep, wartawan yang mengikuti uji kompetensi ini sebanyak enam orang. Masing-masing  Moh Sai (Madura Channel), Ida Okvinita (RGS), Abdussalam (Nada FM), Hafid (Nada FM), Moh Rifaie (Koran Harian Surya), Hartono/ Etto (Portal Madura).

Tiga wartawan lainnya berasal dari Kabupaten Bangkalan, masing-masing Muhtazul Farid Mustain dan Sugianto, semuanya wartawan Harian Radar Madura, Jawa Pos Group. (Sumber: Media Madura)