Pola Kepemimpinan Tak Berjarak antarkan Bupati Raih Penghargaan

Pola Kepemimpinan Tak Berjarak antarkan Bupati Raih Penghargaan

PENAWARTA.COM – Pola kepemimpinan tak berjarak dengan masyarakat mengantarkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam berhasil meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Visionary Leader (IVL) angkatan 5 dan 6 tahun 2020 yang sigelar oleh Sindo media.

Bupati Pamekasan Badrut Tamam meraih penghargaan The Best on Communication dalam ajang Indonesia Visionary Leader (IVL) angkatan 5 dan 6 tahun 2020 yang digelar SINDO Media.

“Model kepemimpinan tak berjarak yang kami terapkan, sebagai bentuk implementasi dari abdi negara, yakni sebagai pelayan masyarakat,” kata Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam keterangan persnya di Pamekasan, Jumat (28/2/2020).

Pola ini, dinilai sebagai pola komunikasi baik, dalam ikut mewujudkan dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam bidang pembangun.

Motivasi yang dilakukan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dengan menempatkan diri sebagai pemilik yang tak berjarak dan akrab dengan siapapun dinilai tim IVL Sindo Media sebagai sebagai cara efektif.

Penghargaan ini diserahkan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik kepada Badrut Tamam pada malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader di Lido Lake Resort, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (27/2/2020).

Tim juri IVL adalah Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik, Rektor Universitas Paramadina Firmanzah, Ketua Pembina Indonesia Institute For Corporate Directorship, serta Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute dan Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta Gun Gun Heryanto.

Bupati Badrut Tamam juga mengaku bangga dan senang menerima penghargaan ini.

Mantan anggota DPRD Jatim dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lebih lanjut menyatakan, bahwa model kepemimpinan dan pola komunikasi ideal, bukan searah lagi, akan tetapi “multy arah”.

Ia juga menuturkan, terkadang dirinya berkantor hingga seharian di kantor kelurahan dan desa, guna memoyivasi pejabat dan para staf.

Dosen ilmu komunikasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura Esa Arif AS menilai, pola komunikasi yang diterapkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam selama memimpin Pamekasan memang telah memberikan nuansa baru dalam hubungan antara atasan dengan bawahan dan antara pejabat dengan masyarakat.

Selain itu, Baddrut dinilai mampu menyesuaikan cara berkomunikasi dalam kelompok berbeda usia, sehingga mampu diterima di semua tingkatan.

“Jadi di kalangan remaja digemari, di kalangan pemuda di kagumi dan di kalangan kelompok usia tua sangat disayangi,” kata Esa.

Penyampaian narasi bicara santun dalam berbagai kesempatan dinilai Esa Arif AS sebagai kekuatan dan potensi diri yang memang melekat pada diri Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

“Dan ini saya lihat sangat menginspirasi bagi masyarakat, terutama kalangan pejabat di lingkungan Pemkab Pamekasan,” katanya.

“Saya kira, penghargaan ‘The Best On Communication” pada sosok Bupati Pamekasan ini sangat tepat,” kata Esa yang juga Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan ini.

Bupati Pamekasan merupakan satu dari 24 kepala daerah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari IVL Sindo Media. (PW-112)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *