Ulama Maroko Senang Bersilaturahmi dengan Umat Islam Madura

oleh -

PENAWARTA.COM – Sayyid Syarif Adnan Talidy El-Hasany seorang ulama dari Maroko berkunjung ke Ponpes Mambaul Ulum Bata-bata (Muba) Desa Panaan, Palengaan. Kunjungannya ke salah satu Ponpes terbesar di Madura tersebut sebagai pemateri dalam even pekan ngaji 5. Dia menjadi pemateri dalam ngaji sejarah.

Sayyid Syarif Adnan Talidy El-Hasany mengaku senang bersilaturahmi dengan umat Islam di Madura. Dia merasa bertemu dengan saudara-saudaranya yang diikat dengan satu keyakinan.

“Kami bertemu dengan saudara-saudara disini seperti bertemu dengan saudara-saudara sepupu saya,” ujarnya saat mengawali paparannya Kamis Malam (9 Januari 2019).

Dijelaskan, persaudaraan antara Maroko dengan Indonesia sudah terjalin sekitar abad ke 16 yang lalu. Seorang ilmuan Maroko Ibnu Bathuta pernah jalan kaki ke Indonesia.

“Beliau sebagai sejarawan atau alim. Dia berjalan kaki ke Indonesia untuk mmbuktikan kabar sejarah yang diketahui,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, walisongo memiliki peran yang sangat besar dalam dakwah islam di Indonesia khususnya di Madura. Nasab walisongo tersambung dengan Rasulullah berdasarkan beberapa dalil yang dikaji oleh tim Nasab Kerajaan Maroko dan tidak ada yang menentang ketersambungan nasab tersebut.

“runtutan nasab ini telah diriwayatkan oleh para syarif yang telah dipercaya periwayatannya,” terangnya.

Syaikh Adnan juga berpesan kepada santri agar senantiasa bersemangat dalam mencari ilmu dengan meneladani rasulullah dan para ulama Islam. (PW-032)