Pemkab Pamekasan Gandeng Kemenag Realisasikan Beasiswa Santri

PENAWARTA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan akan mengandeng Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dalam merealisasikan program prioritas Pamekasan, yakni beasiswa bagi santri berprestasi dari keluarga miskin dan kurang mampu.

Hal itu disampaikan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat menyampaikan sambutan di acara Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-74 Kemenag di Pamekasan, Jumat (03/01/2020).

“Selain itu untuk merealisasikan program beasiswa bagi santri, program bantuan beasiswa hafidz juga perlu kerja sama yang baik dengan Kemenag Pamekasan,” kata Baddrut Tamam.

Semua lembaga dan kementerian, sambung dia, juga akan diajak untuk bekerja sama, guna mewujudkan program Pamekasan. “Pemkab Pamekasan tidak mungkin bekerja sendirian dalam hal ini,” kata Baddrut.

Di HAB Ke-74 Kemenag kali ini, Bupati Baddrut Tamam juga membacakan pidato tertulis Menteri Agama RI Fahrul Rozi.

Isinya antara lain, mengajak semua elemen masyarakat untuk memahami sejarah Kementerian Agama, regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, mengajak agar masyarakat senantiasa menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja. Sebab menurut Menag, di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, perlu adanya keselarasan antara perkataan dengan perbuatan.

Ketiga, Menag juga meminta agar menanamkan bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan.

Keempat, perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

Kelima, rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

Dan Keenam, implementasikan visi dan misi pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Sementara itu, Kepala Kemenag Pamekasan Afandi berharap, pesan Menteri Agama Republik Indonesia sebagaimana dibacakan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam tersebut, hendaknya diperhatikan, diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia juga mendukung program baik Pemkab Pamekasan yang memiliki kepedulian terhadap misi pengembangan syiar Islam, seperti memberikan beasiswa bagi santri berprestasi dan santri yang hafal Alquran.

“Kami sangat apresiatif dengan program itu, dan Kemenag siap mendukung dan bekerja sama, demi terwujudkan cita-cita mulia itu,” kata Afandi. (Adv/PW1)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.