PENAWARTA.COM – Polres Pamekasan kini mulai membangun sinergi dengan kalangan media di wilayah itu guna mewujudkan kesamaan persepsi dalam mensosialisasikan program dan agenda kegiatan institusi itu.

“Sinergi dengan insan pers ini penting, mengingat pers memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi kepada publik,” kata Kopolres AKBP Djoko Lestari dalam acara Silaturrahmi Kapolres Pamekasan dengan Wartawan Pamekasan, Kamis (5/12/2019).

Dalam kesempatan itu, kapolres juga mendengarkan aspirasi dari kalangan insan pers. Beberapa diantaranya yang disampaikan tentang pentingnya institusi ini menyampai keterangan pers, kesamaan pemahaman tentang bahasa hukum dan kriminal, dan yang terakhir adalah pentingnya memperhatikan pemberitaan ramah anak.

Hal lain yang juga disampaikan dalam forum pertemuan yang digelar di aula pertemuan Joglo Polres Pamekasan itu adalah pentingnya memperhatikan pemberitaan yang mendidik, mencerahkan dan memperhatikan kaidah penulisan yang sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tekanan peserta forum pada poin yang terakhir ini, karena media massa memiliki tanggung jawab sosial untuk memberikan pendidikan pada publik. Dengan demikian, maka bahasa yang disampaikan harus baik dan benar sesuai dengan kaidah, bukan menggunakan bahasa media sosial (medsos).

“Selama ini masih sering kita jumpai, penulisan berita yang mengabaikan kaidah tata bahasa. Padahal, fungsi media salah satunya adalah memberikan pendidikan kepada publik,” kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan Abd Aziz.

Selanjutnya ia juga meminta agar polres selaku institusi mitra meminta agar institusi ini juga bisa mengontrol isi pemberitaan media, demi kebaikan bersama. Sebab dengan adanya pengawasan, maka secara otomatis, wartawan juga akan bisa berbenah dalam rangka meningkatkan profesionalismenya.

Menyampaikan berita yang baik dan benar dengan cara yang baik dan benar, yakni memperhatikan kode etik jurnalistik, serta kaidah tata bahasa yang baik dan benar pula harus dilakukan sebagai bentuk implementasi dari tugas suci wartawan.

“Wartawan ini kan memiliki tugas kerasulan, yakni selaku penyampai risalah dari sumber berita kepada khalayak,” katanya.

Karena itu, maka selaku penyampai informasi, melaksanakan tugas yang amanah, cerdas dan bertanggung jawab harus menjadi pijakan dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik tersebut.

Hadir juga sejumlah perwira Polres Pamekasan dalam pertemuan itu, Wakapolres Kompol Kurnia Wulandono, Kabag Ops Kompol Djalal dan Kasat Lantas AKP Didik Sugiarto dan Kasubbag Humas Iptu Nining Diyah Puspitasari.

Kapolres AKBP Djoko Lestari mulai menjabat Kapolres Pamekasan sejak digelar serah terima jabatan pada 23 November 2019, menggantikan kapolres sebelumnya AKBP Teguh Wibowo. (PENAWARTA.COM)