Polres Dukung Program “Pamekasan Hebat” dengan Prestasi

oleh -

PENAWARTA.COM – Sinergi antara Pemkab Pamekasan dengan aparat kepolisian dalam meningkatkan pelayanan publik terus terjalin dengan kuat, bahkan institusi ini berkomitmen untuk terus membantu terealisasinya program “Pamekasan Hebat” yang dicanangkan Bupati Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja’e melalui prestasi.

Buktinya, usaha kerja keras dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat, mendapatkan pengakuan dari Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi di Jakarta, Rabu, (20/11/2019).

Polres Pamekasan menerima penghargaan sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik kategori “Sangat Baik”. [Baca Juga: Diklat P3DA Bupati Baddrut Tamam di Lemhanas RI Berakhir]

Penghargan ini diterima langsung Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo disaksikan para pejabat tinggi Polri dan penghargaan tersebut diberikan berdasarkan hasil evaluasi terhadap 207 Polres Se-Indonesia.

“Dari 207 Polres Se-Indonesia yang dinilai Tim dari Kemenpan-RB hanya 39 polres yang mendapat kategori sangat baik, dan dari 39 polres Kategori sangat baik tersebut Polres Pamekasan berada pada urutan ke-7,” kata Tasubbag Humas Polres Pamekasan Iptu Nining Diyah dalam keterangan persnya kepada wartawan Pamekasan, Rabu (20/11/2019).

Institusi ini berharap, penghargaan yang diterima tersebut dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik lagi kepada masyarakat di Kabupaten Pamekasan.

Capaian ini, sambung Nining, bukan hal yang mudah, dan datang begitu saja, akan tetapi berkat usaha dan kerja keras serta kerja sama dari seluruh personil Polres Pamekasan dan dukungan semua elemen masyarakat.

Penghargaan sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik kategori “Sangat Baik” itu disampaikan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu, (20/11/2019). [Baca Juga: Pemkab Pamekasan Permudah Izin Usaha dengan Apilaksi “Si Cantik Cloud”]

Sebanyak 6 Polres mendapatkan predikat Pelayanan Prima (A) yakni Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Cirebon, Polres Banyuwangi, Polres Tuban serta Polres Malang, dan sebanyak 33 Polres mendapatkan predikat Sangat Baik (A-), termasuk Polres Pamekasan.

Sementara itu, Tjahjo Kumolo meminta seluruh jajaran di kepolisian harus terus memberikan pelayanan yang prima untuk masyarakat, karena polisi bukan hanya sebagai aparat penegak hukum, akan tetapi juga merupakan pelayan masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut, Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa, Staf Ahli Menteri Bidang Otonomi Daerah Jufri Rahmad, Sekretaris Kedeputian Pelayanan Publik Devi Anantha, Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Noviana Andrina, Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Jeffrey Erlan Muller, Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III Damayani Tyastianti, serta para perwakilan Polda dan Polres penerima penghargaan.

Pemkab Pamekasan menilai, prestasi di bidang layanan publik yang telah diraih ini sebagai bentuk dukungan terhadap program “Pamekasan Hebat”. Lembaga lain yang juga memberikan dukungan serupa, yakni dengan mengharumkan nama Pamekasan melalui prestasi adalah MTs Negeri 3 Pamekasan. [Baca Juga: Merajud Kemitraan Melalui Ngopi Kamtibmas]

Penghargaan Kedua
Pengahraan di bidang layanan publik oleh institusi Polres Pamekasan kali ini, bukan yang pertama kali. Pada 2017 institusi ini juga pernah meraih penghargaan pada acara Puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan yang digelar di Pendopo Ronggosukowati Jalan Pamong Praja Pamekasan, Selasa (3/4/2017) malam.

Kala itu, Polres Pamekasan termasuk satu dari 12 lembaga penerima PWI Award 2017, karena Polres Pamekasan dinilai sebagai Lembaga Pemerintah Paling Komunikatif Dengan Wartawan.

Pemberian PWI Award 2017 dengan kategori Lembaga Pemerintah Paling Komunikatif Dengan Wartawan diberikan langsung oleh Ketua PWI Pamekasan Abd Aziz kepada Kapolres Pamekasan kala itu, AKBP Nowo Hadi Nugroho. (PENAWARTA.COM)