Jambanisasi TMMD Kodim Malang Batu Mampu Tingkatkan Pola Hidup Sehat

PENAWARTA.COM – Bapak Sumarno (45 tahun), salah satu penerima bantuan jambanisasi, warga Dusun Krajan Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Jumat (18/10/19).

Pembuatan jamban oleh satgas TMMD Reguler ke-106 Kodim Mlang Batu telah selesai dikerjakan, salah satu penerima jambanisasi adalah Bpk Sumarno (45 tahun) warga Dusun Krajan Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang.

Dengan dibuatkannya jamban bagi keluarga kurang mampu di Desa Kedungsalam yang selama ini belum mempunyai jamban, benar-benar dirasakan langsung oleh warga penerima, karena selama ini kalau mau BAB harus kesungai.

Tidak hanya bagi penerima program jambanisasi dari TNI Kodim Malang Batu saja, melainkan lingkungan secara umum, terutama di Desa Kedungslam juga sangat diuntungkan. Karena, dengan program jambanisasi bagi sejumlah warga di dusun krajan, otomatis akan mengubah pola hidup sehat.

‘‘Minimal warga yang kini sudah punya jamban sendiri tidak lagi BAB di sembarang tempat yang tentunya akan mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan,’’ tandas Kepala Desa Kedungsalam Misdi.

Menurutnya, dengan berubahnya pola hidup yang menuju kesehatan itu, maka warga tidak akan BAB disembarang tempat, praktis penyebaran penyakit, seperti penyakit diare atau penyakit perut lainnya tidak mudah menjangkiti warga Desa Kedungsalam.

Hal senada diungkapkan Bapak Sumarno, penerima bantuan jambanisasi. Dirinya dan keluarga kini bisa menerapkan hidup sehat, karena tidak BAB ke sungai lagi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan jamban. kini kami tidak harus kesungai untuk BAB. sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat,” tutur Bpk Sumarno. (Pendim 0818)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *