Dandim Pamekasan: Kesaktian Pancasila Luar Biasa

PENAWARTA.COM – Komandan Kodim 0826 Pamekasan, Letkol Inf M. Effendi memaknai hari Kesakitan Pancasila, jangan ada lagi yang melupakan kekuatan dan kesakitan Pancasila sebagai pondasi dasar negara Indonesia.

Sebab, kata dia, kesaktian n Pancasila terbukti tidak mampu ditandingi meski berkali-kali di uji dan mau dirubah.

“Dengan adanya kesaktian Pancasila, jangan ada lagi generasi – generasi kita yang melupakan tentang betapa kuatnya ataupun betapa saktinya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia,” katanya, usai mengikuti upacara peringatan hari kesakitan Pancasila di pendopo Agung Ronggosukowati, Selasa (1/10/2019).

Dandim mengajak seluruh generasi muda agar memahami apa itu Pancasila mulai dari butir satu hingga lima.

“Generasi muda kita jangan hanya baca aja, tapi diamalkan nilainya, maknanya dalam kehidupan sehari,” katanya, menegaskan.

Bahkan, pihaknya berencana akan mengembangkan pembelajaran kewarganegaraan ke sekolah sekolah yang di dalamnya menekankan pentingnya pemahaman dan kesadaran diri para pemuda untuk mengerti Pancasila.

“Generasi muda kita harus paham dan tau perkembangan situasi saat ini, anda sebagai generasi penerus bangsa, sebenarnya anda yang akan diancam. Mereka (penjajah) berkeinginan merusak generasi 25 tahun kedepan, dibuatlah lemah, kan begitu. Maka ini yang akan disampaikan. Artinya, ayo bangun, jangan tidur. Artinya, negara ini kalau tidak bangun suatu saat kita akan hancur, ” katanya. (PW3/LD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *