Diskusi & Silaturrahmi, FWP Ajak Wartawan Tak Sungkan Kritik Kebijakan Pemkab

oleh -

PENAWARTA.COM – Forum Wartawan Pamekasan (FWP) mengajak seluruh wartawan di wilayah itu untuk tidak sungkan mengkritisi segala kebijakan pemerintah khususnya Pemkab Pamekasan demi kemajuan dan pembangunan  menjadi lebih baik, Selasa (13/08/2019).

“Seorang jurnalis harus bersikap independen dalam setiap pemberitaan, rasa sungkan menyampaikan kritik tidak boleh dimiliki bagi oleh para wartawan, gak Apa-apa mengkritik asal membangun dan memberikan solusi,” ungkap Penasehat FWP Abdul Aziz saat diskusi dan silaturrahmi Idul Adha di kediaman Erik Sugiarto, Jl. Bhayangkara Desa Laden, Selasa siang.

Pewarta Perum LKBN Antara ini lebih detail memaparkan, peran media massa selain sebagai sarana transformasi informasi kepada publik, wartawan atau jurnalis juga tidak kalah penting sabagai pengontrol kebijakan pemerintah.

“Jadi jangan sampai daya kritik kepada pemerintah itu tumpul. Kalau sudah tumpul, maka peran media jelas sudah hilang. Jadi silahkan kritik yang memang perlu dikritik asal tidak menabrak kaidah jurnalistik,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Forum Wartawan Pamekasan (FWP), Dedy Priyanto. Menurutnya, media berperan sebagai pilar ke 4 (empat) demokrasi dalam peran dan tanggung jawabnya.

“Kita punya peran penting dalam mendorong pembangunan pemerintah daerah. Kita sebagai j yu wartawan juga harus netral. Artinya tidak berpihak kepada siapa pun dan apa pun. Selain itu juga independen, ini dapat dimaknai dengan bebas dari kepentingan. Jadi seorang jurnalis dalam menulis berita harus berimbang, mandiri dan independen,” tandas Dedy Gembul sapaan akrab kontributor MNC Grup wilayah Jawa Timur ini. (PW3)